Sebagai manajer produk, apa definisi kebutuhan pengguna menurut Anda?

Persona dan skenario menjadi cara yang dapat membantu orang dalam tim untuk membangun sesuatu sesuai dengan kebutuhan pengguna. Persona menggambarkan karakteristik mengenai perilaku, kemampuan, tujuan, ketertarikan pengguna. Idealnya data dikumpulkan melalui penelitian. Skenario ini harus mewakili hal yang diamati atau hal-hal yang akan dibahas dalam wawancara.

Sebagai manajer produk, apa definisi kebutuhan pengguna menurut Anda?

Ada beberapa cara untuk menggali apa yang menjadi kebutuhan pengguna. Namun kenyataannya, banyak pengguna yang tidak mengerti apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

Kebutuhan pengguna (user requirements) merupakan pemahaman mengenai akar penyebab apa yang menjadi masalah bagi pengguna. Tujuan adanya user requirements adalah untuk menggambarkan fungsi sistem dari sudut pandang pengguna agar sistem yang dibangun sesuai dengan keinginan pengguna. Kebutuhan pengguna dapat didefinisikan juga sebagai tujuan, harapan, dan hasil yang memuaskan pengguna, diidentifikasi melalui penelitian yang menghasilkan data kualitatif maupun kuantitatif agar mendapatkan hasil yang tepat untuk pengguna.

Langkah pertama dalam membangun sebuah produk adalah menentukan masalah yang ingin diselesaikan pengguna. Hal itu yang akan menjadi alasan mengapa pengguna akan membeli atau menggunakan produk. Terkadang, menemukan masalah menjadi hal yang sulit. Melakukan banyak penelitian untuk masalah yang tidak ada. Berbicara dengan calon pengguna merupakan hal yang tepat dalam membangun sebuah produk.

Kebanyakan dari pengguna tidak dapat mengartikulasikan masalah mereka dengan sangat baik.

Seperti kata Steve Jobs, It’s not the customer’s job to know what they want

Sebagai manajer produk seharusnya perlu menggali lebih dalam, melakukan pengamatan mengenai kehidupan nyata serta berbicara dengan calon pengguna.

Hal yang diperlukan dalam membangun sebuah produk, struktur dari Product Thinking yaitu

Dimulai dengan pengguna dan tentukan :

  • Apa masalah yang perlu diselesaikan?
  • Siapa yang akan menyelesaikan masalah ini?

Kemudian lihat pekerjaan apa yang harus diselesaikan :

  • Mengapa kamu melakukan ini (Apa visi yang ada dibalik ini)?
  • Strategi – Bagaimana kita akan melakukan ini?

Akhirnya kamu meraih output :

  • Apa tujuannya? Apa sebenarnya yang akan dicapai?
  • Fitur apa yang akan diwujudkan? Apa yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan?

Jadi, sangat penting bahwa apa yang dilakukan dapat memberikan solusi dalam memecahkan masalah yang dialami oleh pengguna.

Referensi :