Sebagai mahasiswa pendidikan sejarah, tempat wisata apa yang terdapat di kota Yogyakarta yang wajib dikunjungi dan apa alasannya?


(hirzi pratama) #1

Jogjakarta pernah dijadikan sebagai Ibukota Republik Indonesia pada tahun 1946 hingga 1949 silam. Provinsi DIY secara keseluruhan memiliki nilai sejarah yang tak ternilai dan memiliki peranan penting dalam pembentukan pemerintahan Republik Indonesia. Maka dari itu apa saja tempat wisata yang akan bersejarah di Jogja yang bisa dikunjungi?


(vira indriana) #2

Mahasiswa pendidikan sejarah wajib datang ke 5 tempat wisata yang berada di Yogyakarta ini

  1. Masjid Gedhe Kauman, Simbol Kejayaan Islam Mataram


    Masjid Gedhe Kauman Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah Masjid Raya Kesultanan Yogyakarta. Masjid ini terletak tepat di sebelah barat dari alun – alun Jogja. Masjid Gedhe Kauman ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I bersama Kyai Fatih Ibrahim Diponingrat, seorang penghulu Kraton pertama.

  2. Monumen Serangan Umum 1 Maret


    Monumen Serangan Umum 1 Maret berada di seberang Kantor Pos Besar Yogyakarta. Monumen ini dibangun untuk memperingati serangan umum yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia yang dikomandoi oleh Letnan Kolonel Soeharto. Saat itu Indonesia sudah dianggap lumpuh oleh Belanda dan untuk menunjukkan taring nya, TNI melakukan serangan tepat pada tanggal 1 Maret 1949.

  3. Museum Perjuangan Yogyakarta
    museum jogja
    Museum Perjuangan adalah museum yang sengaja didirikan untuk mengenang sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dan mengenang setengah abad masa Kebangkitan Nasional. Museum ini dibangun pada 17 Agustus 1959 dan terletak di Jalan Kolonel Sugiyono No. 24 Yogyakarta dan peletakan batu pertama dilakukan oleh Sri Paku Alam VIII. Bangunan museum ini cukup artistik, pada bagian atas bangunan ini terinspirasi gaya arsitektur kekaisaran Romawi Kuno, sementara pada bagian bawahnya diadaptasi dari gaya bangunan Candi Mataram Hindu.

  4. Kotagede, Kawasan Bersejarah Di Jogjakarta


    Kotagede adalah nama sebuah kawasan yang terletak di Jogja. Kotagede menyimpan banyak sejarah terutama kisah lahirnya kerajaan Islam Mataram. Kalau kamu berwisata ke kawasan ini, kamu akan menemukan bangunan-bangunan kuno berusia ratusan serta mengingatkan kebudayaan mataram pada abad ke 16 Masehi. Bagi kamu pecinta perak dan batik, tempat ini adalah gudang nya. Sebab sebagian besar masyarakat Kotagede mengabdikan dirinya sebagai pengrajin perak dan juga batik.

  5. Makam Imogiri, Makam Para Raja Mataram
    makan
    Makam Imogiri merupakan makam bersejarah yang ada di Yogyakarta, makam Imogiri merupakan komplek pemakaman Raja-Raja Mataram dan juga keluarganya. Makam Imogiri ini didirikan antara tahun 1632 – 1640M oleh Sultan Agung Adi Prabu Hanyokrokusumo yang merupakan Sultan Mataram Ke-3 dan keturunan dari Panembahan Senopati, Raja Mataram Ke – 3.

Sumber: