Seandainya Nyamuk Punah, Apakah Bumi Akan Baik-baik Saja?

nyamuk

Nyamuk merupakan hewan yang sering kita jumpai pada kehidupan sehari-hari. Namun, kehadirannya membuat kita merasa terganggu karena suaranya yang mengganggu dan mereka mengincar darah kita untuk aspuan nutrisinya. Saking mengganggunya, terdapat beberapa industri yang memproduksi obat nyamuk untuk mengusir dan membunuh nyamuk. Intinya, nyamuk seperti hama bagi manusia. Bagi yang belum tahu, nyamuk merupakan hewan dengan penyebab kematian manusia yang paling tinggi di dunia. Setidaknya terdapat kurang lebih 700 ribu nyawa melayang disebabkan oleh nyamuk pada tiap tahunnya. Disisi lain, nyamuk juga merupakan bagian dari rantai makanan, sebagai agen penyerbuk bagi beberapa tanaman, dan ia juga penting untuk menjaga keseimbangan ekologi air.

Menurut kalian, Apakah kalian setuju jika nyamuk lenyap dari muka bumi ini? apabila nyamuk punah, apa dampak bagi bumi kita ini? Menjadi semakin baik atau malah menyebabkan populasi organisme lain ikut punah?

1 Like

Memang sih nyamuk ini mengganggu dan memang bisa menjadi penyebab kematian. Tapi jika dilihat lagi, nyamuk ini juga memiliki rantai makanan, yang mana pasti sebagai penyeimbang. Bayangkan saja jika nyamuk punah, konsumen 1 yang biasanya makannya nyamuk pasti juga akan kelaparan jika makanannya tidak ada. Nah kalau konsumen 1 ini tidak menerima asupan kebutuhannya, maka lama" ia juga mati kelaparan karena tidak ada yang dimakan. Konsumen 1 merupakan makanan bagi konsumen 2, begitu juga seterusnya. Berarti bisa dianalogikan jika salah 1 komponen dalam rantai makanan itu punah, maka bisa berdampak di semua komponen dalam rantai makanan itu. Dengan kata lain akan mengakibatkan punahnya juga rantai makanan.

Perihal setuju atau tidak, aku sih tidak setuju jika nyamuk lenyap dari bumi. Karena yaa mungkin kalau dilihat dari sisi kita sebagai manusia, nyamuk memang menjadi penyakit bagi kita. Tetapi jika dilihat dari sisi lainnya, misalkan hewan pemakan nyamuk, nyamuk menjadi sumber kebutuhan bagi mereka. Jadi kalau bisa ya semua seimbang. Karena jika terlalu berlebihan atau terlalu sedikit juga tidak baik. Keseimbangan itu bagus untuk bumi kita

1 Like

Beberapa nyamuk adalah vektor berbagai penyakit seperti demam berdarah dengue (DBD) dan malaria. Saya pribadi pernah merasakan penyakit malaria yang disebabkan oleh nyamuk dan rasanya sangat tidak enak. Hewan ini memang sangat mengganggu apalagi jika kita tergigit saat sedang tertidur.

Namun, jika nyamuk hilang dari muka bumi maka beberapa jenis serangga air akan kehilangan sumber makan mereka. Jika sumber makanan berkurang maka burung, ikan, dan serang akan kelaparan. Jika hal tersebut terjadi maka jumlah hewan-hewan tersebut akan berkurang cukup banyak juga. Tidak hanya itu penyerbukan yang dilakukan oleh nyamuk membantu berbagai jenis tanaman untuk hidup berkembang.

1 Like

Menurutku, walaupun nyamuk memang meberikan penyakit, nyamuk memberikan manfaat bagi hewan kecil. Seperti untuk katak dan cicak. Nyamuk dalam rantai makanan merupakan mangsa bagi hewan tersebut. Apabila salah satu rantai makanannya hilang, dapat dikatakan ekosistem akan terganggu dan menyebabkan ketidakseimbangan lingkungan. Hewan-hewan yang menurut manusia parasit tetap berguna untuk makhluk hidup lainnya.

1 Like