Scrub wajah alami

image

Untuk mengatasi wajah kusam dan berjerawat salah satunya akan melakukan yang namanya perawatan wajah yaitu scrub wajah setidaknya 1x dalam seminggu. Untuk menghemat biaya, umumnya dipasaran banyak yang menjual scrub wajah. Padahal scrub ini bisa kita racik sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti madu, dsb. Untuk pembuatannya sebaiknya madu dengan bahan apa ya? Adakah yang bisa membantu menjelaskan hal ini.

Cara membuat masker madu dengan gula:

1.Gunakan madu mentah. Pastikan Anda hanya menggunakan madu mentah yang belum diolah dan belum melewati proses pasteurisasi; madu mentah bisa Anda temukan dengan mudah di toko makanan organik, supermarket, atau toko daring. Scrub yang alami dan dijamin bebas racun tentunya lebih baik untuk kesehatan kulit wajah Anda, bukan? Selain itu, madu mentah juga memiliki lebih banyak manfaat kesehatan daripada madu botolan.

  • Sebelum mengoleskannya ke kulit wajah, pastikan Anda tidak alergi terhadap madu. Untuk mengetahui alergen Anda, cobalah memeriksakannya di dokter.
  • Anda juga bisa mengoleskan sedikit scrub ke punggung tangan atau bagian tubuh lain yang tidak terekspos untuk memastikan tidak ada reaksi alergi yang ditimbulkan. Diamkan sekitar satu jam. Jika tidak ada reaksi alergi seperti gatal, kulit kemerahan, atau kulit bengkak yang ditimbulkan, tandanya Anda boleh mengaplikasikan scrub tersebut ke kulit wajah Anda.

2. Tuangkan 1 ½ sendok madu ke dalam mangkuk atau piring. Tambahkan takarannya jika scrub juga akan diaplikasikan di area leher.

3. Tambahkan ½ sdm. gula halus ke dalam mangkuk berisi madu. Pastikan teksturnya tidak terlalu kental setelah diaduk.
Anda juga bisa menggunakan gula cokelat yang teksturnya lebih halus daripada gula pasir biasa.[6]

4. Tambahkan 3-5 tetes perasan lemon segar. Langkah ini opsional sehingga tidak wajib Anda lakukan. Jika ingin melakukannya, pastikan Anda menggunakan lemon segar karena kadar asam dalam lemon yang kurang segar sangatlah tinggi; akibatnya, kulit wajah Anda justru bisa terluka karenanya.

5. Cek konsistensi scrub dengan mencoleknya menggunakan jari-jari tangan Anda. Scrub harus cukup kental sehingga tidak mudah menetes dari tangan Anda; dengan demikian, Anda tahu bahwa scrub tidak akan mudah menetes dari wajah Anda saat diaplikasikan. Jika tekstur scrub terlalu cair, tambahkan gula lagi ke dalamnya. Sebaliknya, jika teksturnya terlalu kental, tambahkan madu lagi ke dalamnya.

Sumber: