Sastra Anak Media Penanaman Pendidikan Karakter

images

Sastra memunyai peran sebagai salah satu alat pendidikan bermanfaat dalam dunia
pendidikan, yakni untuk membentuk dan mengembangkan kepribadian anak. Artinya, sastra diyakini mempunyai andil yang tidak kecil dalam usaha pembentukan dan pengembangan kepribadian anak. Jika dimanfaatkan secara benar dan dilakukan dengan strategi yang benar pula, sastra diyakini mampu berperan dalam pengembangan manusia yang seutuhnya dengan cara yang menyenangkan. Namun, usaha pembentukan kepribadian tersebut lewat kesastraan berlangsung secara tidak langsung sebagai mana halnya pembelajaran etika, norma agama, budi pekerti, atau yang lain.

Sastra hadir di tengah masyarakat pastilah karena memiliki andil, manfaat, bagi
kehidupan manusia. Sebagai salah satu bentuk karya seni, sastra yang notabene dihasilkan oleh individu atau komunitas tertentu, pastilah mempunyai tujuan, manfaat yang akan disampaikan. Pernyataan Horatius (via Teeuw, 2003:85) bahwa sastra bersifat sweet and useful pada hakikatnya menunjukkan bahwa sastra berfungsi pragmatis bagi kehidupan social masyarakat. Karya sastra dapat tampil dengan menawarkan alternatif model kehidupan yang diidealkan mencakup berbagai aspek kehidupan seperti cara berpikir, bersikap,berasa, bertindak,cara memandang dan memperlakukan sesuatu, berperilaku,dan lain-lain. Sastra dipersepsi sebagai suatu fakta sosial yang menyimpan pesan yang mampu menggerakkan emosi pembaca untuk bersikap atau berbuat sesuatu.

Tarigan (1995: 9-12) mengemukakan bahwa dalam sastra terdapat nilai-nilai yang
bermanfaat bagi perkembangan anak. Nilai-nilai itu antara lain; pertama, memberikan
kenikamatan dan kegembiraan terkait dengan cerita yang disuguhkan.Kedua, sastra memberikan pengalaman baru. Ketiga, membantu mengembangkan imajinasi anak. Keempat, mengembangkan wawasan anak menjadi perilaku insani. Kelima, memperkenalkan kesemestaan alam bagi anak. Keenam, sumber utama penerusan dan penyebaran warisan sastra dari satu generasi ke generasi berikutnya. Nilai sastra itu akan bermanfaat bagi pendidikan anak antara lain meliputi perkembangan bahasa, perkembangan kognitif, perkembangan kepribadian, dan perkembangan sosial.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sastra anak memiliki banyak
manfaat yang bagi pembacanya khususnya anak. Salah satu manfaat sastra anak adalah
menanamkan pendidikan karakter. Karya sastra dapat tampil dengan menawarkan alternatif model kehidupan yang diidealkan seperti cara berpikir, bersikap, berasa, bertindak, cara memandang dan memperlakukan sesuatu, berperilaku, dan lain-lain. Alternatif model kehidupan tersebut ditampilkan dalam unsur-unsur pembangun karya sastra anak.

1 Like