Sarden dan makarel kalengan aman dan berkualitas

Kaleng belum penyok
Jangan sekali-sekali membeli sarden kaleng dan makarel kaleng yang kemasannya sudah penyok, apalagi tidak utuh. Kaleng yang sudah tak bagus jelas sudah berkurang pula kualitasnya dalam mengawetkan makanan.

Kaleng belum berkarat
Selain tidak penyok, kaleng sarden kaleng dan makarel kaleng juga tidak boleh berkarat. Logam karet yang sudah berkarat berarti sudah teroksidasi. Bisa jadi bagian dalamnya pun demikian, sehingga mempengaruhi kualitas ikan di dalamnya.

Kaleng disimpan di suhu ruangan
Makanan kaleng paling baik disimpan pada suhu ruangan. Suhu tinggi membuat bahan makanan di dalamnya cepat rusak. Sementara suhu rendah seperti di lemari es bisa membuat kaleng cepat berkarat.

Potongan ikan masih utuh
Sarden kaleng dan makarel kaleng yang bagus memiliki potongan ikan yang relatif utuh. Jika ikan di dalamnya sudah hancur, sebaiknya jangan dikonsumsi.

Tidak ada aroma mencurigakan
Selain potongannya yang masih utuh, ikan yang masih layak konsumsi juga tidak mengeluarkan aroma mencurigakan.

Untuk produk impor, perhatikan asal dan tempat pengemasan
Pada ikan kaleng impor, tak jarang sumber bahan baku dan tempat pengalengannya berasal dari dua negara yang berbeda. Ikan dari Alaska bisa saja dikemas di Thailand demi mengejar biaya tenaga kerja yang murah. Ikan yang sudah melalui proses panjang dan lama seperti ini tentu lebih berisiko daripada ikan segar yang segera diolah dan dikemas.