Saling Menghargai Perbedaan Kunci Harmonisasi

djtsrbd1ztsdaeisqvfj

Sebagai negara yang multikultur dengan banyaknya perbedaan suku, ras, dan agama. Maka seluruh rakyat Indonesia dituntut untuk selalu memiliki sikap toleransi yang tinggi dan saling menghormati perbedaan tersebut. Mengapa saling menghormati perbedaan sangat penting dalam kehidupan masyarakat? Tentu alasannya sendiri karena sikap tersebut dapat menghindarkan kita dari perselisihan.

Saling menghormati perbedaan itu sendiri pada dasarnya termasuk pengamalan dari Pancasila sebagai ideologi dasar bagi bangsa Indonesia yang perlu ditegakan. Disamping itu, menghargai perbedaan dan tidak bersikap diskriminasi juga termasuk contoh dari penerapan hak asasi manusia dimana kita meyakini bahwa setiap orang pada hakikatnya memiliki hak yang sama tanpa harus dibeda-bedakan latar belakangnya. Itu sebabnya menghormati perbedaan dalam kehidupan bermasyarakat adalah suatu hal yang sangat penting.

Menurut kalian mengapa saling menghormati perbedaan sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat?

1 Like

Sama seperti yang sudah anda nyatakan di awal, yaitu untuk menghindari adanya konflik atau perselisihan antar sesama. Juga, untuk menciptakan kedamaian. Hidup terasa lebih indah bila ada kedamaian, bukan?
Maka dari itu, saling menghargai perbedaan adalah suatu hal yang sangat penting dalam bermasyarakat.

Menurut saya sangat benar sekali, karena di negara kita sendiri memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda beda tetapi tetap satu. Dari situlah kita harus tau arti semboyan itu. Karena perbedaan bukanlah hal yang harus jadi perselisihan melainkan hal yang harus menyatukan. Hal harmonis akan lebih indah jika berawal dari perbedaan. dimana ada sikap saling menghargai satu sama lainnya.

benar sekali, dengan kita saling menghormati dan saling menghargai setiap diversity yang ada disekitar kita hal itu akan meng-decrease peluang terjadinya konflik setiap orang. Menghargai sesama juga dapat mengurangi prejudice setiap orang yang dapat memicu sebuah konflik dan salah paham, oleh karena itu sangat tepat kalau mengatakan bahwa saling menghargai adalah kunci dari keharmonisan baik itu in-group dan .

Saya setuju dengan pernyataan ini, saling menghargai perbedaan merupakan kunci harmonisasi. Kenapa begitu? karena setiap orang memiliki perbedaan, seperti pada negara kita ini sangat beragam suku, rasa dan agamanya. Jika kita dalam berkehidupan masyarakat saling menghormati dan menghargai satu sama lain pasti akan harmonis. Dan dengan saling menghormati kita juga mengurangi konflik dan salah paham satu dengan yang lain.