Saat belajar untuk mempersiapkan ujian, apakah dekomposisi itu perlu ?

Dekomposisi

Dekomposisi adalah kemampuan memecahkan masalah yang kompleks menjadi tugas-tugas kecil yang lebih rinci agar tugas-tugas tersebut mudah dikelola.

Saat belajar untuk mempersiapkan ujian, apakah dekomposisi itu perlu ?

Menurut saya, saat kita akan melaksanakan ujian, dekomposisi itu sangatlah diperlukan. Dikarenakan, sebelum ujian tentunya kita harus mempersiapkan dengan maksimal bagaimana kita akan melaksanakan ujian tersebut sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Dalam mempersiapkan hal itu, tentunya dekomposisi sangat membantu kita dalam proses pembelajaran dalam rangka menghadapi ujian nantinya. Dengan melakukan dekomposisi, kita secara mudah dapat menguraikan sebuah permasalahan yang rumit atau kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga nantinya dapat lebih mudah kita pahami dibandingkan dengan kita harus mempelajari secara langsung permasalahan kompleks yang diberikan.

Selain itu pula, kita bisa mengetahui permasalahan atau tugas yang rumit menjadi tugas-tugas kecil yang lebih rinci dan mendetail sehingga kita nantinya dapat menguraikan dan menjelaskannya secara jelas kepada orang lain atau bahkan bisa disalurkan melalui media tulis seperti catatan pribadi ataupun rangkuman tentang materi pembelajaran yang tentunya berguna untuk membantu kita dalam proses pembelajaran menghadapi ujian.

Sebelum ujian sudah pasti kita harus belajar agar mendapatkan nilai yang bagus, namun apakah itu sudah bagus? Walaupun belajar sebelum diadakan ujian sudah bagus tapi lebih bagus jika kita melakukan dekomposisi materi. Melakukan dekomposisi saat persiapan ujian berarti kita tidak perlu membaca keseluruhan materi karena kita sudah membagi bagi materi yang penting.

Dengan menggunakan dekomposisi untuk mempersiapkan ujian, kita dapat menghemat waktu. juga dapat membantu kita membantu mempelajari materi dengan lebih mudah. Penggunaan dekomposisi juga dapat membantu kita menghafal materi yang tepat tanpa membuang waktu dan juga tenaga.

Berikut adalah contoh dari penerapan dekomposisi untuk persiapan. Besok akan diadakan ujian di sekolah x, mari kita bandingkan cara persiapan ujian yang dilakukakan oleh siswa. Siswa a adalah siswa yang membaca buku dengan metode dekomposisi, dia memberikan tanda stabilo pada setiap informasi penting yang ada di buku. sedangkan siswa b adalah seorang siswa yang membaca buku tanpa adanya patokan informasi sehingga dia harus membaca seluruh informasi di buku. Dapat kita lihat dari pernyataan diatas, bahwa siswa a dapat belajar dengan lebih efektif dan juga lebih cepat dibandingkan siswa b.

Dekomposisi merupakan proses perubahan menjadi bentuk yang lebih sederhana, penguraian. Dengan menggunakan dekomposisi, kita dapat mengerti lebih merinci atau mendetail tentang pembelajaran yang akan kita pelajari. Kita dapat menarik garis besar mater tersebut dengan baik.

Cara melakukan dekomposisi yaitu dengan cara memilah-milah masalah yang ada dan dipangkas sedemikian hingga agar mudah dilakukan. Metode Dekomposisi sangatlah penting karena dapat membantu kita menyelesaikan masalah satu per satu, mulai dari masalah yang kecil dan mudah sampai masalah yang besar dan sulit. Dari hal itulah dekomposisi sangat bisa membantu pembelajaran untuk mempersiapkan ujian.

Jadi dengan dekomposisi, pembelajaran menjadi lebih mudah dan efisien. Dekomposisi dapat menghemat waktu dan tenaga juga. Selain itu, kita bisa dapat mengerti materi tersebut lebih dalam dan dapat lebih memahami materi tersebut.

Menurut saya, dekomposisi itu diperlukan dalam persiapan ujian. Dekomposisi adalah proses perubahan menjadi bentuk yang lebih sederhana. Materi-materi ujian yang sangat kompleks tadi tentu perlu diuraikan lagi menjadi materi-materi sederhana. Hal ini guna memudahkan otak dalam mencerna materi yang akan diujikan pada esoknya.
Adanya dekomposisi akan mengefektifkan materi yang masuk ke otak dan mengefisienkan waktu otak dalam menyerap materi yang akan kita pelajari. Jadi sebelum memulai belajar sebaiknya kita mencatat materi-materi yang penting yang telah diajarkan oleh dosen. Selanjutanya, hafal dan pahami materi itu tanpa terlalu banyak mempelajari materi-materi yang lain.

Menurut saya , Dekomposisi itu sangatlah penting disaat sebelum ujian. Dekomposisi sendiri adalah salah satu metode di Computational Thinking yang dapat dipakai untuk menyelesaikan suatu masalah yang sedang dihadapi.
Dengan menggunakan dekomposisi , waktu siswa akan lebih teratur dan akan membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi - materi yang akan ada pada saat ujian. Karena siswa akan mempelajari materi-materi penting secara berurutan sehingga tidak menimbulkan kebingungan saat mengingatnya kembali.