Rute Hemat menuju Pulau Pahawang

Perjalanan menuju Pulau Pahawang, Lampung, tidaklah sulit. Pulau yang terkenal dengan spot nemo dan keindahan biru lautnya ini bisa ditempuh dengan berbagai alternatif rute, baik dari maupun udara.

Rute paling hemat jika ingin berlibur ke Pulau Pahawang, yaitu sebagai berikut:

1. Pelabuhan Merak

Para petualang bisa memulai perjalanan dengan menggunakan bus menuju Pelabuhan Merak, Banten. Sebagai panduan, traveler bisa menuju terminal bus Kalideres, Kampung Rambutan, Rawamangun, Pulo Gadung atau terminal yang menyediakan perjalanan ke Sumatera. Dari Jakarta akan memakan waktu sekitar 3-4 jam dengan tarif Rp 35 ribu.

2. Pelabuhan Merak - Pelabuhan Bakauheni

Sesampainya di Pelabuhan Merak, Anda dapat langsung membeli tiket dengan harga Rp 13ribu. Sebelum menyebrang dengan kapal ferry, ada baiknya Anda mengisi perut yang kosong. Hal ini membantu Anda untuk terjaga dari angin laut yang dapat membuat masuk angin. Sebab, perjalanan ke Palabuhan Bakauheni akan memakan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan laut.

3. Pelabuhan Bakauheni – Dermaga Ketapang

Tiba di Lampung, pertama-tama Anda harus keluar dari areal Pelabuhan Bakauheni untuk menuju Dermaga Ketapang. Ada dua cara yang bisa dipilih. Pertama, naik bus jurusan Terminal Rajabasa, dari Rajabasa dapat melanjutkan dengan angkutan umum jurusan Rajabasa-Tanjung Karang dan berhenti di Pasar Bawah Ramayana. Perjalanan masih dilanjutkan dengan angkot jurusan TanjungKarang-Teluk Betung dan berhenti di Gudang gara, lalu naik pick up menuju Dermaga Ketapang. Kedua, dari Bakauheni ke Dermaga Ketapang, kita bisa menyewa angkutan umum dengan harga Rp 200ribu dan perjalanan akan memakan waktu sekitar 3 jam.

4. Dermaga Ketapang – Pulau Pahawang

Berada di Dermaga Ketapang bakal memacu adrenalin Anda. Pasalnya, Anda harus menggunakan kapal kayu menuju Pulau Pahawang. Biaya menyebrang dengan kapal kayu sebesar Rp 20ribu per orang dengan kapasitas 25-20 orang. Perjalanan dari Dermaga-Pulau Pahawang akan memakan waktu sekitar 2 jam.

5. Pulau Pahawang

Akhirnya, perjalanan yang melelahkan terbayar dengan kecantikan Pulau Pahawang. Pasir putihnya, keindahan sekitar pantai, kearifan warga lokal membayar semua kelelahan saat perjalanan. Untuk biaya home stay di Pulau Pahawang akan dikenakan Rp 500ribu/hari. Masalah makan, Anda dapat berkompromi dengan pemilik home stay atau mencari makanan di warung di sekitar pulau.

Sumber: