Rubby Emir, Founder Kerjabilitas.com


(Kevin de Joshua) #1

##Biografi

Careernews

###Pekerjaan

Founder & CEO Kerjabilitas.com

###Afiliasi lainnya

  • Founder & Executive Director Saujana Indonesia
  • Senior Project Manager Humanitarian Benchmark Consulting

###Tempat dan Tanggal Lahir

###Kewarganegaraan

Indonesia

###Pendidikan

Universitas Negeri Surabaya

##Riwayat Hidup


Sebagian besar saudara kita yang penyandang disabilitas merasa kurang percaya diri bahkan merasa rendah diri karena kondisinya ketika ingin berinteraksi dengan masyarakat luas. Mereka juga mungkin berpikiran bahwa mereka memberikan beban untuk orang disekitarnya. Disitulah timbul keinginan untuk lebih mandiri dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka yang sudah memiliki cukup umur untuk bekerja pasti ingin bekerja.

Namun dengan kondisi mereka yang berkebutuhan khusus membuat mereka kesulitan untuk menemukan pekerjaan. Padahal mereka memiliki etos kerja yang tinggi dan sangat loyal pada perusahaan. Yang menjadi kendala adalah masih banyak perusahaan yang belum membuka jalan bagi penyandang disabilitas untuk bekerja di perusahaan tersebut. Ini dikarenakan kurang wawasan dan tidak yakin untuk memperkerjakan mereka yang memiliki kekurangan tersebut.

Karena itulah, Rubby Emir menciptakan platform Kerjabilitas.com untuk memberikan kesempatan saudara kita yang penyandang disabilitas untuk bekerja layaknya orang normal. Ia mengembangkan platform ini bersama 6 co-founder lainnya juga dengan rekan-rekan yang ada di Komunitas Saujana yang dibangunnya sebelum merilis Kerjabilitas.com pada tanggal 23 Maret 2015.

Untuk menciptakan platform yang akan menjembatani antara calon pekerja penyandang disabilitas dengan perusahaan penyedia pekerjaan, Rubby dan rekan-rekannya mengerjakan assessment dan sejumlah focus group discussion (FGD). Kegiatan tersebut dilakukan di 3 kota, yaitu Jogjakarta, Malang, dan Surabaya. Ternyata animo para penyandang disabilitas yang mengikuti diskusi pada kegiatan tersebut sangat tinggi.

Yang datang juga banyak saat kegiatan, mulai dari saudara kita yang tunanetra, tunawicara, tunarungu, dan tunadaksa. Dengan animo yang tinggi tersebut, Rubby dan rekan-rekan telah mendapatkan gambaran website Kerjabilitas.com.

Setelah dirilis, jumlah pelamar pun semakin meningkat. Namun jumlah itu tidak diimbangi dengan jumlah lowongan yang disediakan. Oleh karena itu, Rubby dan tim selalu mencari informasi tentang lowongan pekerjaan untuk penyandang disabilitas ke perusahaan-perusahaan. Rubby mengaku banyak halangan untuk mendapatkan lowongan karena ketidakyakinan perusahaan untuk memperkerjakan penyandang disabilitas tersebut. Padahal pemerintah sudah mendukung hal tersebut dengan mengeluarkan UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas sebenarnya sudah disahkan.

UU tersebut mewajibkan perusahaan negara untuk mempekerjakan penyandang disabilitas sebanyak 2 persen dari total tenaga kerja dan 1 persen untuk perusahaan swasta. Bahkan, telah diatur pula pemberian insentif kepada perusahaan atau badan usaha yang memperkerjakan penyandang disabilitas.

Tim Kerjabilitas.com juga mengandalkan hasil survei yang sudah dilakukan tentang performa kerja dari penyandang disabilitas.
Cara-cara yang digunakan Rubby dan tim tersebut sedikit demi sedikit mulai membuahkan hasil. Hingga kini, setidaknya terdapat sekitar 350 perusahaan yang menjadi mitra kerja Kerjabilitas.com.

Perusahaan-perusahaan tersebut juga merasakan dampak dari memperkerjan saudara kita tersebut. Oleh karena itu, Rubby berharap pemerintah benar-benar serius mengimplementasikan UU tersebut dan TIm Kerjabilitas.com siap mengerjakan bagiannya sebagai perantara antara calon pekerja penyandang disabilitas dan penyedia kerja.

##Penghargaan


  • 3rd Winner Stop Motion Animation Competition on International Forest Day 2015, Ministry of Forestry Indonesia

[details=Referensi]* http://www.ziliun.com/rubby-emir-menjembatani-penyandang-disabilitas-dengan-pencari-kerja-melalui-kerjabilitas-com/