Ruangguru : Solusi Lengkap untuk Belajar Lebih Mudah

Kesuksesan Salah Satu StartUp bidang Pendidikan Online di Indonesia

Aplikasi Ruangguru Dirilis pertama kali ke publik pada April 2014, Ruangguru.com didirikan oleh Iman Usman (24 tahun) dan Adamas Belva (25 tahun). Perusahaan ini memiliki berbagai layanan utama, yaitu penyediaan jasa guru privat berkualitas (online dan offline), konten persiapan ujian, serta sistem manajemen belajar terpadu bagi murid dan guru. Untuk layanan pertamanya, situs Ruangguru.com memungkinkan orang tua dan murid mencari guru privat berkualitas dengan mudah dan cepat. Situs Ruangguru.com menghubungkan murid dengan 26.000 guru, baik untuk mempelajari pelajaran sekolah maupun melatih keterampilan khusus di luar sekolah/kampus.

Selain menyediakan layanan pencarian guru privat, Ruangguru.com juga menyediakan platform unggulan kumpulan tes soal yang bisa dicoba oleh murid secara online di tes.ruangguru.com. Platform ini memungkinkan anak mengakses ribuan bank soal secara gratis dan mempersiapkan diri untuk berbagai jenis ujian, seperti Ujian Semester, Ujian Nasional, maupun Ujian Masuk Perguruan Tinggi.

Salah satu keunggulan utama platform tes.ruangguru.com adalah adanya analisis data evaluasi latihan murid dari waktu ke waktu sehingga orang tua bisa melihat perkembangan serta prosesnya. Dengan demikian, bisa merencanakan banyak skema untuk pola pendidikan buah hati setelah melihat hasil evaluasi tersebut.

Dengan adanya platform ini, tentunya dampaknya baik ya, bagi murid tidak perlu lagi beli buku kumpulan soal tes tebal yang harganya cukup lumayan tapi setelah digunakan terkadang sudah tak terpakai lagi. Hemat budget dan hemat kertas.

Ruangguru.com juga telah secara aktif bekerja sama dengan pihak pemerintah kota, provinsi maupun nasional, untuk membantu murid dan guru meningkatkan performa belajar mengajar dengan memanfaatkan platform tes.ruangguru.com. Pada bulan Februari 2016, Ruangguru.com bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Kota Bogor, Bekasi dan Tangerang Selatan dalam mengadakan tryout Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Cara pendekatan RuangGuru terhadap pendidikan di Indonesia, dengan model bisnis yang sudah teruji, pasti menjadi alasan kuat mengapa Venturra Capital yakin untuk memberikan investasi Seri-A berjumlah tujuh digit ke rekening perusahaan ini pada bulan Desember lalu.

Angka pastinya tak diungkap ke publik, namun menurut Stefan Jung, salah satu partner mereka, rata-rata investasi yang Venturra tanam ada di kisaran angka $2 juta (sekitar Rp27,5 miliar) hingga $5 juta (sekitar Rp68,7 miliar.

Source :
Solusi Belajar Anak dari Ruangguru.com
https://ruangguru.com/
RuangGuru, startup yang bergerak di bidang pendidikan online

Ruangguru.com sekarang memang sudah menjadi solusi untuk teman-teman yang membutuhkan guru privat dalam belajar. Apalagi kini, ruangguru.com sudah memperbaharui sistem yang tadinya 1 token untuk 1 pertanyaan, menjadi 1 koin untuk 30 menit sesi pembelajaran. Dimana dalam 30 menit tersebut, teman-teman bisa menanyakan berapapun soal yang tidak dimengerti kepada guru privatnya. Harga 1 koin pun terjangkau hanya dengan membayar Rp 20.000,- saja.

sistem pembelian token ini bisa digunakan untuk private online dan offlinenya ya?
di dalam aplikasi menyediakan pembelian token?

Fitur Aplikasi Ruang Guru

  • Bisa memfoto soal dan menguploadnya untuk ditanyakan kepada pengajar di aplikasi ini
    Pengajar pada aplikasi ini benar-benar guru, manusia, bukan robot
  • Terdapat fasilitas chat dan audio call untuk berkomunikasi antara siswa dan guru pengajar
  • Semua dilakukan secara Real Time
    *Ada 2 token gratis untuk akun baru, satu token bisa digunakan untuk satu kali sesi
    Setelah Token habis siswa bisa melakukan pembelian token dengan tarif yang ada

Selain menarik, jasa yang ditawarkan oleh aplikasi ini menurut saya juga sangat solutif, terutama bagi para siswa yang hanya tidak mengerti dalam beberapa poin penyelesaian soal saja. Jadi siswa ngga perlu belajar menyeluruh setiap materi. Cukup tanyakan hal yang tidak kamu mengerti saja dan kamu akan dibimbing oleh para Guru.

Dari sisi desain aplikasi ini dirancang dengan tampilan antar muka yang simpel dan mudah dimengerti. pemilihan warna biru muda menurut saya sangat sesuai dan enak dipandang.

Secara performa ada beberapa bug yang saya temukan, tapi ini wajar karena aplikasi ini masih dalam tahap Beta. Dan dikarenakan aplikasi Ruang Guru ini masih Beta alias masih dalam tahap uji coba jadi jangan sedih kalo materi yang ada di aplikasi ini masih minim, ketika saya coba baru terdapat dua mata pelajaran yaitu Fisika dan Matematika. Tapi saya rasa aplikasi ini akan terus berkembang kok, saya yakin dan saya sangat mengapresiasinya.

Selain solutif aplikasi ini menurut saya juga sangat pas sebagai fasilitator antara Guru dan Siswa, dimana siswa ngga perlu mengikuti les yang menuntut siswa keluar rumah untuk menuju ke tempat bimbingan belajar atau mendatangkan guru ke rumah yang tentunya memerlukan biaya yang ngga murah. Ya dengan aplikasi ini para siswa dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan bimbingan di mana saja selama menggunakan Smartphone dan terkoneksi dengan Internet.

source : http://170845.net/siapp/usulan-expert/solusi-praktis-belajar-private-langsung-dari-smartphone/

1 Like

sepertinya ruangguru.com memang diterima dengan baik oleh dunia pendidikan Indonesia. Bisa dikatakan sebagai salah satu inovasi di bidang pendidikan yang sukses di pasaran. Hal ini saya liat dari banyaknya ulasan positif mengenai ruangguru.com.
Ruangguru di playstore telah didownload sebanyak 50.000-100.000 dengan rating konten sebesar 4,3 star dan mendapatkan komen-komen positif dari para penggunanya. Selain itu kesuksesan ruangguru.com juga terlihat dari banyaknya artikel-artikel positif mengenai ruangguru.com di media online nasional, seperti :

  • Ruangguru.com permudah belajar dengan RuangVideo” - Indotelko-12 Feb 2017.

  • "Latihan Soal UN Serasa Main Game di “Ruangguru.com” " - KOMPAS.com-17 Jun 2015.

  • “Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Tanya Aja Ruangguru.com” - Selular.ID-20 Apr 2016.

  • Ruangguru.com, Belajar Bisa Lewat Chat dan Audio Call” - Tekno Liputan6.com-20 Jan 2017.