Robert Pera : Milyarder Pemilik Perusahaan Wifi Ubiquiti

Biografi, Robert J. Pera


Pekerjaan
Entrepreneur, wirausahawan

Afiliasi lainnya
• wireless networking gear (NetGear)
• Apple

Tempatt dan Tanggal Lahir
United States, 10 Maret 1978

Kewarganegaraan
Amerika
Pendidikan
Bachelor of Arts / Science, University of California, San Diego
Master of Science, University of California, San Diego

Total Kekayaan
US$2.1 Billion Dollar (2014)

Peringkat berdasarkan Forbes
• Pengusaha terkaya di Amerika yang berumur dibawah 40 tahun
• 67 orang terkaya di Tech
• Orang terkaya nomor 321 di Amerika Serikat

Riwayat Hidup


Robert Pera lahir dan dibesarkan di Redwood City, jalan antara San Francisco dan San Jose. Ayahnya adalah konsultan bisnis tepatnya di Armanino Foods, yaitu pembuat makanan beku Italia dan sekarang juga bekerja sebagai CEO perusahaan. Sedangkan ibunya bekerja sebagai pegawai hubungan masyarakat. Pera mendirikan perusahaan dibidang komputer pertamakalinya ketika ia SMA. “Saya melihat Ubiquiti sebagai kombinasi dari filosofi Apple dan demokratisasi teknologi jaringan canggih,” kata Pera Fast Company tiga tahun lalu. Perusahaannya mencoba untuk memberdayakan basis pelanggan. Sejak kecil ia dikenal sudah mulai menyukai dunia teknologi dan internet, ia suka bermain video games, untuk video games dia rela membeli versi Jepangnya apabila versi Amerika belum keluar. Saat di SMA ia juga dikenal sebagai penggemar olah raga basket meskipun dia mengidap penyakit langka yaitu infeksi katup hati. Tetapi ia tetap bersemangat dan dia punya niat berolahraga untuk tetap bisa sehat seperti orang normal lainnya.

Riwayat Karir


Setelah lulus kuliah pada 2002. Robert Pera memulai karirnya di Apple Computer, di mana dia adalah seorang insinyur perangkat keras berikut M.S. dan B.S. Studi Teknik Elektro. Ia ditugaskan untuk menguji raksasa teknologi Wi-Fi router untuk memastikan mereka memenuhi standar Federal Communications Commission untuk emisi elektromagnetik. Dari sana ia melanjutkan untuk boot-strap Ubiquiti, menyediakan teknologi konektivitas menjembatani kesenjangan digital untuk ratusan juta orang di seluruh dunia dan juga menjadi model operasi bisnis yang efisien - organik berkembang dari startup boot-terikat di sebuah perusahaan publik dengan miliaran dolar dalam pendapatan historis dan profil margin usaha dari 37% salah satu yang terbaik di industri. Ia juga Pengendalian Pemilik waralaba Memphis Grizzlies dari National Basketball Association.

Untuk meningkatkan router perusahaan, Robert berniat menyampaikan ide tetapi atasannya diabaikan idenya. Akhirnya Pera memutuskan ia merancang sendiri modul Wi-Fi dan menghabiskan waktu luangnya menguji prototipe yang akan memungkinkan untuk bisa mendapatkan akses Internet dengan mudah dimana perusahaan kabel dan telepon tidak dapat mencapainya.

Pada awal tahun 2005, Pera siap untuk memulai bisnis sendiri, meskipun ia telah menerima kenaikan gaji dan peringkat 4-out-of-5 di review tahunan di Apple. Pada musim panas 2005, Ubiquiti dijual 4.000 kartu radio bertenaga tinggi AS penyedia layanan internet nirkabel, tapi menurut Pera itu tidak cukup, jadi tiga tahun kemudian, perusahaan meluncurkan all-in-satu unit yang penyedia bisa menginstal rumah-rumah klien agar bisa online dengan mudah. Sistem baru yang disebut Airmax adalah terobosan yang handal, cepat dan murah dan diterima dengan baik di masyarakat.

Namun bagaimanapun, bukan tidak mungkin keberhasilan bergandengan tangan dengan bencana. Seorang karyawan di salah satu produsen kontrak Ubiquiti di Shenzhen disampaikan desain perusahaan, rencana dan perangkat lunak untuk pabrik yang dijalankan oleh sebuah perusahaan bernama Hoky Teknologi. Meskipun Ubiquiti mengajukan gugatan terhadap para pemalsu, sahamnya mengalami kerugian dari US 35 sampai US 8. “Jika melihat ke belakang, rasanya kami tidak siap untuk IPO,” . Namun, perusahaan menaikkan US 105.600.000 di IPO dan penjualan dihargai saham pendiri hampir US 1 miliar. Sekarang, Pera tidak hanya CEO dari Ubiquiti, tetapi juga pemilik NBA Memphis Grizzlies. “Beberapa orang ingin membeli yacht,” katanya. “Ini adalah No.1 di daftar saya.”

Fakta-Fakta


  • Robert Pera memulai karirnya di Apple Computer sebagai bagian dari tim hardware nirkabel
  • Berhenti bekerja dari Apple untuk membuka Start-up sendiri
  • Dia Benar-benar Mencintai The Grizzlies
  • Dia punya blog pribadi yang dibuat pada 1 Juni 2012
  • Ubiquiti dapat membuat kartu untuk US4 30 dan menjualnya seharga US$ 80

Quotes


I Quit my job because I wanted to have more success faster” - Robert Pera

Referensi

http://www.forbes.com/profile/robert-pera/
http://www.marketwatch.com/story/robert-pera-opens-a-new-route-for-ubiquiti-networks-2016-05-09
http://www.australiannationalreview.com/quitting-job-apple-robert-pera-billionaire/
http://www.rjpblog.com/
https://en.wikipedia.org/wiki/Robert_Pera