Roald Amundsen, Manusia Pertama di Kutub Selatan

Roald Amundsen

Roald Amundsen, merupakan seorang pemimpin ekspedisi kunci selama Zaman Heroik Penjelajahan Antartika. Hingga pada akhirnya, ia dinobatkan sebagai orang pertama yang berhasil mencapai Kutub Selatan.

Roald Engelbregt Gravning Amundsen dilahirkan pada 16 Juli 1872 di lingkungan keluarga pemilik kapal dan kapten-kapten kapal. Roald Amundsen, merupakan seorang pemimpin ekspedisi kunci selama Zaman Heroik Penjelajahan Antartika. Hingga pada akhirnya, penjelajah berkebangsaan Norwegia ini menjadi orang pertama yang berhasil mencapai Kutub Selatan. Bahkan bukan hanya orang pertama yang mencapai Kutub Selatan, namun juga orang pertama yang mencapai Kutub Utara dan Perbatasan Barat Laut.

Terinspirasi oleh penyeberangan Greenland yang dilakukan Fridtjof Nanses pada 1888, ia memutuskan untuk menjalani hidup dengan menjelajahi dunia. Hingga pada 14 Desember 1911 ia mencapai Kutub Selatan dengan 18 orang anggota tim yang ia pimpin. Ia membutuhkan 99 hari untuk sampai di Kutub Selatan, namun ini mengalahkan Robert Scott dan krunya asal Inggris yang baru sampai empat minggu kemudian.

Roald Amundsen menuliskan pengalamannya sebagai penjelajah dalam beberapa buku yang ia tulis salah satunya adalah First Crossing of The Polar Sea (1927). Pada tahun 1928, Amundsen menghilang ketika berpartisipasi dalam sebuat misi penyelamatan Laut Barents.

Sumber:
sains.me