Ringkasan Diskusi Stunting

Rangkuman kegiatan diskusi Gerakan Ketahanan Pangan

  1. Memberikan pengetahuan atau sosialisasi tentang asupan gizi yang sehat dan baik untuk bayi maupun balita kepada perempuan hendak menikah, ibu hamil dan ibu-ibu yang sudah lama berkeluarga.
  2. Perlunya tindakan preventif yang harus dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat yang saling bersinergi untuk menekan tingginya angka stunting di Indonesia.
  3. Pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang baik untuk menghasilkan asupan pangan yang bergizi dan sehat.
  4. Mengatur pola makan dan asupan gizi yang seimbang bagi bayi dan balita.
  5. Memperhatikan dan mengatur kebutuhan gizi ibu hamil saat mengandung, agar angka kebutuhan gizinya terpenuhi dan seimbang.
  6. Perlunya keterlibatan selain sektor pertanian dan kesehatan untuk mengatasi permasalahan stunting
  7. Prevalensi stunting yang tinggi secara tidak langsung atau memiliki kemungkinan berkontribusi dalam mempengaruhi kinerja pembangunan Indonesia.
  8. Solusi prevalensi stunting yaitu inovasi pangan, kerja sama pemerintah dengan sektor lain terkhususnya pendidikan dan kesehatan, kampanye dan edukasi masyarakat terkhusus orang tua mengenai permasalahan stunting, cara menanggulanginya dan pemenuhan gizi yang seimbang bagi anak, peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, menciptakan pangan yang beragam (diversifikasi pangan) dan kemudahan akses pangan yang bergizi bagi lingkungan rumah tangga dan nasional, mendukung program-program pemerintah pusat dan daerah dalam mengatasi stunting, kebersihan air dan sanitasi lingkungan, dll.
5 Likes