Ribuan Bangkai Bintang Laut Terdampar di Pesisir Inggris

Mata media sosial internasional tengah tertuju pada pantai-pantai di Inggris. Setelah Britania Raya mengalami cuaca yang luar biasa dingin dan berbadai, ribuan bangkai bintang laut mulai terdampar di pesisir selatan negara tersebut sejak 3 Maret 2018.

Andrew Cabrinovic dari National History Museum yang merawat koleksi spesimen bintang laut berkata dalam situs museum tersebut bahwa terdamparnya bintang laut bukanlah hal yang unik dan kerap terjadi setiap tahun. “Namun, pendamparan sebanyak ini jarang terjadi,” ujarnya. Menurut dia, cuaca yang buruk adalah penyebab utama terjadinya fenomena ini. Arus air yang kuat bisa dengan mudah mengangkat bintang laut dari pasir dasar laut yang lembut dan membawanya ke pantai. Melihat begitu parahnya badai minggu lalu, bukan tidak mungkin air laut dalam ikut bergerak dan memindahkan bintang laut dalam jumlah massal.

Walaupun kelihatannya mengerikan, Cabrinovic dan Mah berkata bahwa pendamparan massal ini tidak perlu dikhawatirkan. Bintang laut Asterias rubens bisa ditemukan di seluruh pesisir Inggris dan Irlandia. Spesies ini juga bereproduksi dengan sangat cepat.

Sumber: