Riau punya tempat wisata unik, apa namanya?

riau

Ada banyak lokasi wisata menarik di provinsi ini. Mulai dari surfing atau berselancar di Bono yang merupakan bagian dari Sungai Kampar, menjelajahi Kawasan Wisata Pekan Tua yang sarat wisata heritage sampai Hutan Konservasi Kerumutan, dan kawasan wisata budaya serta heritage di Petalangan. Namun adakah wisata unik di Riau?

Berikut 5 lokasi wisata menarik di Riau:

  1. Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban
    Air terjun Tujuh Tingkat berlokasi di kecamatan Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi. Untuk menuju ke air terjun ini jarak yang harus ditempuh sekitar 40 km. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Teluk Kuantan. Air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, dan masih asri. Udara di sekitar air terjun ini juga sangat sejuk.

  2. Pantai Rupat
    Riau juga memiliki pantai berpasir putih yang tidak kalah menariknya dengan pantai pantai Pulau Bali. Pulau Rupat adalah pantai berpasir putih di satu pulau di Riau, yang memiliki garis pantai sepanjang 17 km. Pasir pantai Rupat yang putih bersih, membuat wisatawan memiliki banyak pilihan. Dari mulai bermain pasir, berjemur, mandi di laut hingga bersantai menikmati keindahan alam yang terbentang.

  3. Anjungan Seni Idrus Tintin
    Anjungan Seni Idrus Tintin berupa gedung setinggi bangunan tiga lantai. Bangunan ini pernah dipakai untuk menggelar acara Festival Film Indonesia (FFI) pada tahun 2008. Saat itu hampir seluruh artis di Indonesia hadir di gedung ini. Bangunan ini merupakan salah satu wonder building di Pekanbaru, Riau.

  4. Pacu Jalur
    Pacu Jalur merupakan sebuah event budaya kabupaten Sengingi yang paling terkenal dan ditunggu di Riau. Biasanya diselenggarakan antara bulan Juli atau Agustus setiap tahunnya. Saat digelar, pengunjung pacu jalur membludak. Antusiasmenya disebut teramai nomor dua di dunia setelah Kota Mekah.

  5. Pulau Jemur
    Pulau Jemur terletak kurang lebih sekitar 45 mil dari ibukota kabupaten Rokan Hilir. Destinasi wisata ini terdiri dari beberapa pulau-pulau kecil. Di antaranya pulau Tekong Emas, pulau Tekong Simbang serta pulau Labuhan Bilik. Di pulau ini, Anda bisa melihat beragam spesies penyu. Selain itu, Pulau Jemur juga menyimpan beberapa potensi wisata lain di antaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut, dan pantai berpasir kuning emas.

Sumber: