Revolusi Industri, Solusi Atau Eksploitasi?

Revolusi Industri adalah proses perubahan dan perkembangan pembangunan ekonomi secara besar-besaran yang dimulai sejak tahun 1750 di Eropa. Revolusi industri sejak awal kemunculannya menjadi titik balik serta sejarah besar di seluruh dunia. Kemunculan revolusi industri kemudian meringankan pekerjaan manusia dan menggantinya dengan mesin.

Di abad 21 revolusi industri semakin menguatkan eksistensinya dengan tren otomasi revolusi industri 4.0, dimana hampir semua pekerjaan manusia yang low skilled dan tidak membutuhkan keahlian khusus akan digantikan dengan oleh mesin atau Artificial Intelegent (AI).

Namun dampak dari revolusi industri tersebut cukup mengkhawatirkan, Pada kenyataannya, pembangunan industri membutuhkan eksploitasi sumber daya alam (SDA) sebagai bahan baku industri. Selain itu, kehadiran revolusi industri 4.0 dikhawatirkan justru akan menghilangkan pekerjaan para buruh. Kapitalisme industri juga menjadi isu akan kesenjangan sosial dan monopoli ekonomi yang meresahkan masyarakat biasa.

Menurut Youdic sekalian, bagaimana kalian menangapi hal tersebut? Akankah revolusi industri dapat terus berjalan tanpa menimbulkan dampak negatif tersebut?

Summary

https://fisipol.ugm.ac.id/menghadapi-revolusi-industri-4-0-teknologi-mempermudah-pekerjaan-atau-justru-menghancurkan/

Kemenperin: Pembangunan Industri Butuh Eksploitasi SDA