Review : Zvezda 1/72 T90 Si Tank tempur tua!

Zvezda 1/72 T90

The Flying Tank

T-90 adalah MBT terbaru Russia saat ini. Carilah video tentang tank ini dan Anda akan terkejut melihat tank ini melayang di udara setelah melintasi gundukan tanah. T-90 lebih ringan dan kecil dari MBT milik barat. Ringan bukan berarti ringkih, T-90 dilindungi oleh reactive armor dan sistem proteksi aktif SHTORA. Sepucuk kanon 125mm juga memberikan daya hantam yang tidak bisa diremehkan.


Diatas adalah sedikit informasi tentang T-90. Informasi lebih lengkap tentang tank ini bisa ditemukan di review kami tentang Meng 1/35 T90

Zvezda 1/72 T-90

Hal pertama yang cukup mencolok dari kit ini adalah skala-nya. Kit ini ber-skala 1/72, jauh lebih kecil dari kit armor umumnya yang menganut skala 1/35. Kit armor 1/72 memang belum sepopuler 1/35. Salah satu sebabnya karena para modeler sudah terbiasa merakit 1/35, mengetahui segala seluk beluk trik perakitan dan detailing di 1/35 dan banyaknya pilihan kit plus after marketnya di skala ini.

Walaupun belum popular, kami akan coba menawarkan armor skala 1/72 karena punya beberapa karakteristik yang baik.

Karakteristik pertama adalah harga. Untuk generasi yang sama, kit armor 1/72 umumnya jauh lebih murah dari 1/35.  Hal ini bisa dimaklumi karena ukuran model yang juga jauh lebih kecil. Namun ada juga kondisi dimana kit 1/72 lebih mahal dari 1/35, biasanya hal ini terjadi karena 1/72 nya keluaran baru dan 1/35 keluaran lama. Pada kondisi ini anda akan melihat detail dari kit 1/72 keluaran baru lebih tajam dan lengkap dari 1/35 keluaran lama.

Karakteristik kedua adalah ukuran. Panjang hull MBT di skala 1/72 hanya sekitar satu jari telunjuk. Banyak yang menganggap ukuran kecil ini adalah kelemahan. Memang benar bahwa detail yang bisa dijejalkan ke kit 1/35 pasti lebih banyak dan tajam dari 1/72. Model armor 1/72 yang kecil juga tidak sangar, tidak terlalu kelihatan, susah menjadi pusat perhatian.

Akan tetapi jika dilihat dari sisi lain, ada beberapa hal positif dari ukuran kecil. Ukuran kecil berarti hanya butuh lemari/dislay case kecil, cocok untuk modeler yang ukuran rumahnya tidak terlalu besar. Ukuran kecil juga memperluas pilihan tempat memajang model, bisa dipajang di meja kerja tanpa mengganggu. Selain itu Anda juga bisa membuat diorama dengan ukuran yang lebih manageable. Skenario diorama yang bisa dibuat pun lebih luas. Anda bisa membuat diorama beberapa armor sekaligus dengan ukuran yang masih reasonable. Bahkan anda juga bisa memasukan elemen udara seperti helicopter ataupun pesawat. Pilihan helikopter atau pesawat 1/72 sangat luas, ukurannya masih manageable untuk diorama, dan harganya pun masih terjangkau dengan mudah. Bayangkan diorama T-90 sedang menyelamatkan awak Mi-24 atau Su-25 yang crash. Dengan skala 1/35 anda bisa membuat diorama super detail, tapi berapa besar ruangan yang anda butuhkan. Dengan 1/72 detail memang tidak setajam 1/35, tapi ukuran dan harganya masih manageable, masih mungkin untuk disimpan di rumah berukuran normal.

Kit armor 1/72 sebenarnya sudah ada sejak lama. Ada banyak objek eksotik yang ditawarkan oleh kit-kit lama ini. Akan tetapi perlu effort ekstra dan mungkin scratch building untuk membuat kit lama jadi model yang bagus. Untungnya ada banyak kit armor 1/72 yang baru keluaran Dragon, Revell, ataupun Zvezda. Kit-kit keluaran baru ini sudah punya potensi untuk menjadi model 1/72 yang detail tanpa terlalu banyak scratch building.

Zvezda 1/72 T-90 termasuk kit keluaran baru. Kit ini punya beberapa kekurangan dan kelebihan. Pertama–tama kekurangannya dulu. Kekurangan yang sayangnya ada di kit bagus ini adalah metode packingnya. Metode packing Zvezda 1/72 T-90 masih jauh dibawah standar kit modern. Semua parts dimasukkan dalam satu kantong plastik. Sayangnya kantong plastiknya terlalu longgar, sprue bisa bergerak bebas di dalam kantong. Hal ini mengakibatkan cacat pada beberapa parts. Untungnya plastik pembungkus dan kotaknya rapat, sehingga tidak ada parts yang hilang dan cacat tadi masih bisa dikoreksi.  

Zvezda 1/72 T90 Hull

Kelebihan dari kit ini adalah tingkat detailnya. Detail sudah terlihat di hull. Hull ini berukuran luar bisa kecil, hanya sekitar 10x5 cm. Hull sekecil ini dihiasi dengan detail relief yang lengkap dan tajam. Bahkan sisi bawah hull pun tidak dibiarkan polos begitu saja, dilengkapi dengan detail relief yang mirip saudara besarnya, Meng 1/35 T-90.
Zvezda 1/72 T90 Lower hull detail

Kira-kira berapa part plastik yang diperlukan untuk membuat T-90 mini 10x5 cm ini? 50? 100??? Bukan, Zvezda menyediakan sekitar 200 parts untuk dijejalkan ke hull 10x5 cm ini. Yang lebih mengherankan lagi ternyata Zvezda menyediakan track dalam bentuk satu perts styrene panjang untuk setiap sisi, jadi sekitar 200 parts tadi benar benar digunakan untuk detail tank nya. Detail parts sudah cukup tajam, tapi masih ada beberapa cacat pencetakan seperti flash. Untungnya cacat ini bisa masih bisa dikoreksi dengan peralatan sederhana.

Turret T-90 bisa dibilang salah satu yang paling rumit. Disana terdapat rective armor, Shtora, dan senapan mesin. Semua detail itu diberikan dengan layak oleh Zvezda di sini. Waspadalah sewaktu merakit Shtora dazzler. Frame mounting jammer IR/Laser ini cukup rumit dan berukuran sangat tipis di skala 1/72. Zvezda sudah menyediakan parts dengan detail yang cukup memuaskan di area ini, berhati-hatilah dalam merakitnya karena tipis dan rumit.

Zvezda 1/72 T90 completed
Zvezda berusaha menempatkan detail setajam mungkin di track. Pendekatan Zvezda cukup unik, yaitu dengan menggunakan satu part styrene untuk satu track. Zvezda bisa mencetak detail yang cukup tajam dengan cara ini. Masalahnya track tersebut dicetak dalam datu part stryrene lurus. Perlu dibengkokkan dengan hati-hati dengan bantuan sedikit panas.

Overall kemungkinan adanya cacat karena packing, part cleanup, dan kontruksi yang rumit (track dan turret) membuat kit ini cukup menantang bagi  modeler yang berpengalaman. Detail yang tajam dan part count yang besar adalah potensi utama kit ini. Dengan teknik yang tepat dan kesabaran ekstra kit ini bisa menjadi replika kecil tapi kaya detail T-90 yang bisa dipajang hampir dimana saja. Ukuran kecil juga membuka peluang untuk diorama yang lebih rumit, melibatkan banyak armor lain ataupun elemen udara. Diorama T-90 sedang memeriksa crash site Mi-24 atau Su-25 sepertinya oke juga.  

 Silahkan kunjungi toko kami, www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, Terimakasih.

Mokit T-90 skala 1/35 yang lebih besar dan detail bisa Anda temukan disini


sumber
Review : Zvezda 1/72 T90 Si Tank tempur tua!

memang sih kalau dilihat dari packingnya memang masih sederhana jauh dari model kit modern yang lainnya…tapi kalau dari desainnya itu menurutku bagus sih…detail pembuatannya itu bisa terlihat dengan jelas…ya mungkin ini sih kelebihan yang bisa dilihat dengan jelas dan membuat model kit tank ini masih unggul hahaha :joy::joy::joy: