Review : Sweet 1/144 Wildcat with flight deck

Sweet 1/144 Wildcat with flight deck
 Wildcat tidak se terkenal Zero, Hellcat, atau Corsair. Fighter ini bentuknya juga tidak seperti fighter, gemuk dan pendek. Secara performa juga biasa saja.

Tapi Wildcat telah sukses menjadi andalan Amerika untuk memenangkan perang Midway, pertempuran titik balik WWII di Pasifik. Wildcat sukses menjalankan fungsinya sebagai carrier based fighter walaupun harus melawan Mitsubishi Zero yang jauh lebih lincah. Tidak hanya lebih lincah, Zero juga diawaki pilot veteran yang sedang semangat karena Jepang baru saja menguasai hampir seluruh asia pasifik. 


Kuncinya adalah ketahui diri sendiri dan ketahui musuh. Sadari kelemahan sendiri, optimalkan kelebihan sendiri, dan eksploitasi kelemahan musuh.

Untuk soal adu kelincahan di udara, Wildcat tidak ada apa apanya dibandingkan Zero. Kabur dari Zero dengan climbing berarti bunuh diri karena Zero bisa climbing lebih cepat. Menyadari hal ini, pilot Wildcat menghindari dogfight dengan Zero.

Walaupun punya banyak keunggulan, armor Zero sangat tipis. Fuel tank tidak dilengkapi sistem self sealing. Cukup beberapa peluru akurat untuk meledakkan sebuah Zero. Selain itu untuk mendapatkan kelincahannya, struktur sayap Zero tidak kuat dibawa diving kecepatan tinggi. Sementara Wildcat memiliki armor yang baik dan struktur yang kuat, aman diajak diving kecepatan tinggi. Sehingga pilot Wildcat menggunakan taktik zoom dive untuk menghajar Zero. Memulai pertempuran dari ketingian lebih tinggi, menukik kearah Zero, melepaskan beberapa tembakan akurat, lalu segera menjauh, tidak memberikan kesempatan bagi Zero untuk dogfight.  Hasilnya Wildcat mampu menyediakan air superiority yang cukup bagi Amerika untuk menang di Midway.

Wildcat berukuran kecil. Sementara teknologi mesin pesawat terus berkembang. Banyak mesin baru yang lebih bertenaga, tapi mesin2 baru ini berukuran cukup besar. Sehingga sangat sulit mengupgrade Wildcat ke mesin baru tanpa modifikasi ekstensif. Hal ini menyebabkan di akhir WWII peranannya digantikan oleh Hellcat dan Corsair yang lebih besar dan modern. Meskipun umur operasionalnya cukup pendek, Wildcat telah sukses bertahan di era terberat WWII, menghadapi Jepang yang sedang dalam masa jayanya, dan membalikkan situasi WWII menjadi keunggulan sekutu.

Sweet 1/144 Wildcat

Nama Sweet mungkin belum familiar di model kit Indonesia. Sweet berasal dari Jepang, negara yang terkenal dengan manga dan presisi. Dua hal yang cukup direpresentasikan di mokit ini.

Box art mokit ini memang tidak umum. Pabrikan mokit lain biasanya memilih foto atau lukisan pesawat yang dramatis dan realistis. Sweet memilih menggunakan gambar manga dan kucing kucing lucu sebagai box art. Don’t judge a book by its cover. Box art ini adalah replica dari pesawat sebenarnya dengan marking actual. Jika mokit 1/144 lain hanya punya satu opsi marking, 1/72 mungkin punya 2 sampai 4, Sweet 1/144 Wildcat ini punya delapan opsi marking. 4 menggunakan camo white-intermediate blue-sea blue dan 4 lagi menggunakan overall sea blue. 
Sweet 1/144 Wildcat marking options
Umumnya mokit 1/144 kurang diminati karena detail yang kurang realistis. Salah satu parameter adalah panel line. Panel line di 1/144 sangat halus, teknologi injection  molding dipaksa sampai ke limitnya. Panel line pabrikan lain biasanya terlalu lebar di skala ini, dan bahkan banyak yang mengambil jalan pintas dengan menghilangkan panel line samasekali. Silahkan lihat foto parts sweet, panel line milik sweet sangat halus dan cukup realistis di skala ini.

Sweet 1/144 Wildcat fuselage
 Tidak hanya panel line, part pun dicetak dengan ketebalan yang realistis. Area ini bisa dilihat di propeller dan cowling. Ooo iya, mesin pada pesawat bermesin radial seperti Wildcat cukup terlihat dari luar. Sweet menyediakan sebuah part yang cukup realistis untuk merepresentasikan mesin radial di skala 1/144. Selain itu landing gear Wildcat bentuknya juga cukup rumit. Sweet menyediakan part yang cukup detail untuk menghasilkan landing gear yang representatif.
Sweet 1/144 Wildcat propeller

Sweet 1/144 Wildcat landing gear
Sweet menempatkan detail juga di canopy framing. Canopy frame direpresentasikan dengan raised detail yang tajam. Masalahnya hanya butuh skill yang cukup untuk mengecat detail halus ini.

Sweet 1/144 Wildcat disp base instruction
Sweet 1/144 Wildcat display base
Sweet 1/144 Wildcat display base detail
Di kit ini juga disediakan display base berbentuk potongan carrier deck. Bentuk dasarnya sudah bagus. Sehingga anda bisa menggunakan imajimasi dan kreatifitas untuk membuat diorama realistis dengan biaya minim dari kit ini.

Silahkan kunjungi toko kami, www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, Terimakasih.

Sumber
Review : Sweet 1/144 Wildcat with flight deck

sebelumnya makasih gan buat informasinya hehe…
btw ini harganya berapa ya gan? terus bisa beli atau pesen dimana ya? soalnya aku mau beliin buat adek dirumah…yaahhh maklum dia suka banget sama model kit pesawat hahaha :rofl::rofl: