Review : Revell 1/144 F-14D Super Tomcat

Revell 1/144 F-14D Super Tomcat

The Digital Tomcat

Perbedaan F-14D dengan Tomcat generasi sebelumnya adalah implementasi sistem digital. Ada banyak area yang di upgrade seperti databus, main computer, RWR, ECM, dll. Namun yang paling besar adalah radar baru APG-71 yang punya jangkauan jauh lebih besar dari pendahulunya. Beberapa sumber bahkan menyebutkan jangkauan APG-71 dua kali AWG-9 pendahulunya. Perlu dicatat bahwa AWG-9 bukanlah radar kelas teri, radar ini mampu memandu rudal air-to-air terjauh milik AS, AIM-54 Phoenix. Pertanyaannya adalah inovasi apa yang dilakukan untuk membuat radar dengan jangkauan sampai dua kali lipat AWG-9?


Pada dasarnya radar bekerja dengan menembakkan pulsa gelombang elektromagnetik. Saat bertemu target, gelombang akan dipantulkan kembali ke antenna radar. Sistem radar kemudian menganalisa pantulan gelombang tersebut untuk menentukan posisi, kecepatan, dan bahkan mengestimasi bentuk target. Saat merambat menuju target dan dipantulkan kembali, gelombang elektromagnetik akan menyebar dan mengalami pelemahan secara signifikan. Kasarnya daya yang diterima sebanding dengan daya yang dikirim, antenna gain, dan target RCS dan berbanding terbalik dengan jarak pangkat empat. Jadi untuk mendeteksi target yang sama (RCS sama) dengan daya terima yang sama pada jarak dua kali lipat, maka daya yang dikirim atau antenna gain perlu diperbesar 16x (2 pangkat 4). Memperbesar daya pengiriman bisa dilakukan dengan implementasi teknologi terbaru yang lebih efisien. Namun untuk peningkatan daya besar besaran akan menambah beban generator secara signifikan dan juga butuh sistem pendingin yang lebih kuat. Antenna gain bisa ditingkatkan dengan optimasi bentuk dan beberapa trik terbaru hasil pemahaman lebih dalam tentang sifat medan dekat pada gelombang elektromagnetik. Namun peningkatan gain yang besar butuh antenna yang lebih besar, dan sepertinya APG-71 menggunakan antenna yang berukuran relatif sama dengan AWG-9 mengingat tidak ada perubahan ukuran nose cone F-14D yang terlihat. Jadi walaupun ada peningkatan pada daya perngiriman dan antenna gain, APG-71 sepertinya menerima daya yang sangat lemah saat mendeteksi target pada jarak 2x AWG-9.

Sebenarnya daya lemah pun masih bisa diterima dan diperkuat pada radar receiver. Masalahnya energi elektromagnetik yang diterima receiver bukan hanya berasal dari gelombang pantulan target saja, tapi dibarengi oleh noise dan clutter. Rasio besarnya daya gelombang pantulan dan total noise (SNR – Signal to Noise Ratio) adalah faktor yang menentukan daya minimum yang bisa diterima. Radar dilengkapi dengan berbagai sistem pengolahan sinyal untuk mengidentifikasi gelombang pantulan yang valid diantara noise dan clutter. AWG-9 mampu melakukan hal ini dengan sangat baik berbekal sistem analog presisi. Namun sistem elektronika digital pada APG-71 bekerja lebih baik lagi. Sinyal kontinyu disampling menjadi data berupa deretan digit 1 dan 0 merepresentasikan amplitudo diskrit pada waktu diskrit. Bentuk sinyal diskrit ini mirip tapi tidak akan sama persis dengan sinyal aslinya, disinilah timbul sampling noise. Namun setelah itu data bisa diolah mengunakan rumus-rumus matematika diskrit seperti penjumlahan, pengurangan, inversi, perkalian, delay/memori, dll. Hal ini memungkinkan pembuatan blok pengolahan sinyal seperti filter adaptif, tranformasi ke domain frekuensi, konvolusi, dll secara presisi dan stabil. Sistem digital hanya bekerja dengan dua tegangan, tinggi dan rendah merepresentasikan 1 dan 0, sehingga bisa dibuat dari transistor non linear yang sangat kecil dan murah. Kelebihan lainnya sistem digital bisa dibuat programmable, bisa di upgrade dengan relatif mudah atau bisa dibuat pintar beradaptasi dengan kondisi operasi.    

Selain bisa mendeteksi sinyal lemah diantara noise dan clutter, prosesor digital APG-71 mampu mengatasi gangguan berupa jamming atau ECM lawan. Sistem ini juga bisa mengidentifikasi target di darat, membuat F-14D Super Tomcat mampu melakukan misi air-to-ground yang lebih dominan saat ini.

Revell 1/144 F-14D Super Tomcat
Revell 1/144 F-14D parts 1

Revell 1/144 F-14D parts 2

Dulu saya mengira bahwa Eurofighter Typhoon adalah mokit 1/144 terbaik keluaran Revell dan akan sulit mencari kit 1/144 sebaik itu lagi. Ternyata saya salah. Revell 1/144 F-14D Super Tomcat memiliki detil yang sekelas dengan Typhoon. Ini adalah sesuatu yang mengejutkan mengingat Revell membungkus kit istimewa ini dengan kotak yang biasa-biasa saja, bukaan samping standar Revell. Namun didalamnya terdapat segudang parts, tersusun dari 4 sprue reguler + 1 clear sprue yang dirakit dalam 26 step instruction. Sesuatu yang luar biasa mengingat mokit 1/144 umumnya hanya terdiri dari 2 sprue dan bisa dirakit hanya dalam beberapa step. Revell serius mendisain kit ini untuk menjejalkan sebanyak mungkin detail pada model 1/144. 
 
Revell 1/144 F-14D fuselage detail
Revell 1/144 F-14D wing detail

Seperti biasa, perakitan dimulai dari kokpit. Mirip dengan 1/72, Revell menyediakan cockpit tub, control stick, instrument panel, dan ejection seat dalam part terpisah. Tidak hanya itu, istrument panel diperkaya dengan decal untuk tampilan realistis di skala 1/144. Breakdown kit ini mirip dengan kit Tomcat umumnya: front fuselage dibelah kanan kiri, rear fuselage dibelah atas bawah, dan intake terpisah. Sayap didisain untuk bisa digerakkan dengan sinkron. Revell menyediakan opsi untuk menampilkan Tomcat sedang terbang atau di darat. Landing gear door dicetak dalam 1 part untuk mempermudah pembuatan pose terbang. Landing gear door ini bisa dengan mudah dipotong untuk pose di darat. Landing gear dicetak dengan detil yang lengkap dan sangat memuaskan. Velg roda pendarat pun diperkaya relief detail. Kejutan lainnya ada di landing gear bay, area ini diperkaya relief detail juga.
 
Revell 1/144 F-14D landing gear
Revell 1/144 F-14D landing gear bay

Kejutan berikutnya ada di load out. Revell menyediakan load out air-to-air lengkap. Mulai dari sepasang drop tank, sepasang Sidewinder, sepasang Sparrow, dan 6 Phoenix. Iya Anda tidak salah baca, Revell menyediakan 6 Phoenix di kit 1/144 ini sekaligus wing glove station yang sesuai untuk membawa tambahan 2 Phoenix tadi. Semua rudal dicetak dengan detil yang luar biasa untuk 1/144 dan semua siripnya dicetak dengan ketebalan konsisten. Kejutan tambahannya lagi, sesuai standar kit 1/72 modern, semua rudal dilengkapi dengan stencil dalam bentuk decal. Saya lupa, kit ini 1/144, tapi tetap dilengkapi decal untuk rudal seperti 1/72 terbaru.
 
Revell 1/144 F-14D sparrow and phoenix
Mokit 1/144 biasanya hanya dilengkapi decal sheet mungil berisi roundel dan marking seadanya. Revell 1/144 F-14D ini sudah jauh berbeda. Mokit istimewa ini dilengkapi dengan decal sheet besar yang hampir sebesar kotaknya. Didalamnya terdapat cukup banyak decal untuk membuat model F-14D akurat milik VF-101 Grim Reapers atau VF-213 Black Lions.

Overall Revell 1/144 F-14D adalah kit yang bisa mematahkan stigma bahwa 1/144 hanya untuk pemula. Level detail pada kit ini bisa dimanfaatkan oleh modeler berpengalaman untuk membuat masterpiece Tomcat 1/144. Modeler pemula pun bisa belajar banyak dari kit ini karena instruction sheet yang sangat detail. 

Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki mokit ini dengan mudah, terimakasih

Sumber
Review : Revell 1/144 F-14D Super Tomcat

huhuhu satu lagi model kit revell yang masuk dalam list koleksi saya hehehe :kissing:
model kitnya detail banget sih dan hasilnya keren abiss pokoknya gak rugi belanja banyak buat model kit jenis ini hahaha :rofl::rofl::rofl:

recommended banget deh pokoknya!! rugi kalau sampai gak beli :joy::joy: