Review : P51 B/C Mustang Mediteranean Theather Operation

Sweet 1/144 P51 Box
P51 B/C Mustang

P51 Mustang adalah contoh hasil kolaborasi yang bagus antara Inggris dan Amerika. Pesawat ini memiliki disain aerodinamis superior rancangan Amerika yang ditenagai oleh mesin kuat buatan Inggris.

Para engineer North American telah sukses mendisain Mustang dengan drag minimum. Profil body dan sayap Mustang menghasilkan drag yang jauh lebih rendah daripada fighter lain di zamannya. Proses produksi di North American juga sangat baik, menghasilkan bentuk airframe yang konsisten sesuai disain. Disain low drag memiliki toleransi yang sangat kecil. Sedikit saja ada perubahan ukuran atau bentuk dari disain, maka drag akan meningkat signifikan. Drag yang rendah ini membuat Mustang memiliki jangkauan super jauh. Fighter ini mampu mengawal heavy bomber jauh ke dalam garis belakang musuh. Tidak hanya mengiringi bomber, Mustang masih punya cukup bahan bakar untuk melayani fighter musuh di area mereka sendiri. Kehadiran Mustang disisi bomber ini mereduksi secara signifikan efektifitas penyergap musuh.

Walaupun mempunyai aerodinamika superior, versi awal Mustang dilengkapi mesin Allison yang kurang oke. Dengan mesin Allison ini performa Mustang di ketinggian tinggi kurang bagus. Tapi Inggris tetap memakai Mustang versi awal dengan sukses untuk misi di ketinggian rendah-medium.

Mustang baru mencapai performa optimalnya sewaktu dikawinkan dengan mesin Merlin rancangan Inggris. Modifikasi ini diberi label P51 B dan P51C. Modifikasi ini menutup kelemahan Mustang di ketinggian tinggi.

Berkat keunggulan fighter-fighter terbaru sekutu, kekuatan udara axis pun praktis lumpuh. Misi Air to air semakin jarang, dan Mustang pun ditugasi melakukan misi air to ground. Jangkauan Mustang yang jauh membuat mereka menjadi penyerang yang ekeftif untuk mengacak acak garis belakang musuh. Masalahnya adalah Mustang didisain sebagai fighter. Mesin Merlin juga didisain untuk fungsi itu. Performa mesin ini sangat baik, tapi mesin ini liquid cooled. Cukup beberapa tembakan jitu ke sistem pendingin Merlin sudah cukup untuk menjatuhkan Mustang. Sebuah kondisi yang merupakan kelemahan besar saat Mustang ditugasi misi air to ground yang rawan terkena tembakan massif dari darat.

Sweet 1/144 P51 B/C Mustang

Nama Sweet mungkin belum familiar di model kit Indonesia. Sweet berasal dari Jepang, negara yang terkenal dengan manga dan presisi. Dua hal yang cukup direpresentasikan di mokit ini.

Box art mokit ini memang tidak umum. Pabrikan mokit lain biasanya memilih foto atau lukisan pesawat yang dramatis dan realistis. Sweet memilih menggunakan gambar manga dan kucing kucing lucu sebagai box art. Don’t judge a book by its cover. Box art ini adalah replica dari pesawat sebenarnya dengan marking actual. Jika mokit 1/144 lain hanya punya satu opsi marking, 1/72 mungkin punya 2 sampai 4, Sweet 1/144 P51 B/C Muatang ini punya empat opsi marking. Semuanya untuk mustang yang di deploy di mediterania. 

Sweet 1/144 P51 marking
Sweet 1/144 P51 Decal
Apalah artinya marking ekstensif jika mokitnya sendiri biasa saja. Silahkan cek instruction sheet mokit ini. Instruction sheet ini se level dengan instruction sheet mokit 1/72 standar. Disini terlihat part count yang cukup banyak untuk sebuah model kecil skala 1/144. Sweet tidak pelit part count untuk menghasilkan detail yang realistis. Radiator flaps dan exhaust dibuat dalam part terpisah untuk menghasilkan detail yang tajam. Interior cockpit cukup terlihat via canopy, sehingga sweet menyediakan pilot seat yang cukup representative di skala 1/144.

Sweet 1/144 P51 instruction

Opsi part yang ada juga cukup ekstensif. Tersedia dua jenis drop tank dan canopy.
Sweet 1/144 P51 canopy

Umumnya mokit 1/144 kurang diminati karena detail yang kurang realistis. Salah satu parameter adalah panel line. Panel line di 1/144 sangat halus, teknologi injection  molding dipaksa sampai ke limitnya. Panel line pabrikan lain biasanya terlalu lebar di skala ini, dan bahkan banyak yang mengambil jalan pintas dengan menghilangkan panel line samasekali. Silahkan lihat foto parts sweet, panel line milik sweet sangat halus dan cukup realistis di skala ini.

Sweet 1/144 P51 parts
Tidak hanya panel line, part pun dicetak dengan ketebalan yang realistis. Area ini bisa dilihat di propeller dan landing gear door. Molding landing gear juga lengkap dengan oleo struts yang cukup realistis.

Sweet 1/144 Propeller

Sweet menempatkan detail juga di canopy framing. Canopy frame direpresentasikan dengan raised detail yang tajam. Masalahnya hanya butuh skill yang cukup untuk mengecat detail halus ini.

Dengan harga yang seekonomis ini, anda tidak hanya dapat satu model, tapi anda dapat dua model dalam satu box.

Jika anda tertarik membuat mokit WWII fighter 1/144 mungil tapi detail, silahkan cek toko kami Rumah MoKit

Sumber
Review : P51 B/C Mustang Mediteranean Theather Operation

menurutku model kit ini tergolong cukup mungil dan sederhana hehe…tapi kalau masalah detailnya jangan ditanya lagi bosku :grin:
btw makasih infonya gan buat tambahan koleksi model kit pesawat dikamar haha :rofl::rofl: