Review Buku Start With Why By Simon Sinek

Buku ini saya baca beberapa bulan lalu, berjudul Start With Why merupakan buku yang ditulis oleh Simon Sinek, buku ini menceritakan bagaiaman pemimpn besar menginspirasi orang lain untuk bertindak.

Didalam buku ini Simon sinek memaparkan teorinya yang disebut Golden Circle memiliki tiga bagian, yakni Why, How , What. Why berada di inti lingkaran, lapisan tengahnya adalah How, dan paling luarnya adalah What

Dalam memahami konsep Golden Circle, Simon Sinek memberikan salah satu contoh perusahaan Apple.Inc . Apple Inc memulai perusaan mereka dari Why, dan Why inilah yang menjadi keyakinan dan fondasi dasar berdisirnya suatu perusahaan. Why seperti alasan atau tujuan mengapa sebuah perusahaan berdiri. Berikut Konsep Golden Circle yang ada pada perusahaan Apple Inc

  • Why? : “Everything we do, we belive in challenging the status quo, we believe in thinking differently”
    Jadi intinya, pada saat berdirinya Apple Inc, tujuan nya untuk melawan satus quo komputer pada zaman itu, atau bisa dikatakan mereka ingin membuat sesatu diluar yang sudah biasa perusahaan komputer lain ciptakan pada saat itu.

  • How? : "The way we challenge the status quo is by making our products beatifully designed, simple to use and user friendly"
    Bagaimana Apple melawan satus quo? Dengan mendesai produk yang lebih inovatif, seert apple mendesain tampilan beranda komputer lebih menarik.

  • What? : Sebuah komputer canggih yang kita kenal hingga sekarang .
    What ini bisa dikatakan produk jadinya.

Intisari dari buku ini adalah setiap ingin membuat dan memulai sesuau, mulailah dari Why, karena Why inilah yang akan menjadi personal belief kita dan nantinya akan menarik orang-orang untuk percaya pada apa yang kita percayai dan akhirnya mereka mau bekerja sama dengan kita

Menurut Simon, banyak orang yang tau bagaimana memulai sesuatu, tetapi mereka tidak tau mengapa mereka memulai hal tersebut.

Personal Review : Setelah membaca buku ini, ketika kita akan memulai sesuatu, kita akan otomatis bertanaya pada diri kita sendri, kenapa kita memulai? apa tujuannya? Setelah mengetahui alasan mengapa kita memulai, kita menjadi tidak mudah terdistraksi ditengah jalan, karena mempunyai tujuan yang jelas.

Buku ini juga memiliki lanjutan “Finnd Your Why” yaitu bagaimana kita menemukan why kita, mungkin buku ke dua bisa menjawab bagaimana cara kita menemukan Why kita

Untuk lebih jelasnya, bisa membaca kesulurahn buku ini karena sangat highly recommended untuk dibaca.

Sekian terimakasih, mungkin kalian juga punya review buku pengembangan diri, boleh reply tulisan ini :grin: