Resep sup sarang burung walet

Sarang burung ini dapat dikonsumsi jika dimasak dengan cara yang benar

Jika anda ingin memasak sarang walet yang masih kotor maka kita perlu membersihkannya (buang semua kotoran dan bulu yang menempel). Cara membersihkan sarang walet cukup sulit, oleh karena itu disarankan membeli yang sudah siap olah. Satu porsi cukup satu keping saja, rendamlah sarang walet di dalam air hangat. Perendaman dilakukan dalam kurang lebih 120 menit. Di satu jam pertama coba cek dan pisahkan bagian yang sudah lembut dan yang belum, jika ada yang masih keras maka rendam di dasar. Setelah proses kepingan sarang walet akan mengembang terasa lembut, angkat dan tiriskan.

Lanjut ke inti cara membuat sup sarang walet. Didihkan 2 gelas air (± 400 ml) di atas kompor dengan air sedang. Tambahkan kaldu ayam untuk memberi rasa, mengurangi rasa original dari sarang walet. Anda bisa juga menambahkan gula batu, putih telur, pandan, jahe, sereh, daun mint sebagai alternatif perasa sup. Tergantung selera anda.

Setelah air mendidih, silahkan mengecilkan api kompor, lanjut memasukkan sarang walet yang telah direndam tadi. Masak dalam waktu kurang lebih 2-3 menit. Resep sarang walet telah selesai, tinggal menyantap sup enak anda. Untuk mendapatkan khasiat terbaik sebaiknya dihabiskan secepatnya saat masih hangat.