Resep Pisang Rai

Resep Pisang Rai

Pisang rai adalah salah satu jajanan tradisional khas Bali.

  1. Siapkan pisang raja atau pisang ambon, tepung terigu, tepung beras, air, gula merah, kelapa parut, nangka, dan gula merah cair. “Biasanya pisang rai dibuat dari pisang raja yang tingkat kematangannya sedang. Pisang ini punya tekstur agak keras dan rasa manis saat digigit. Namun sekarang saya buat dengan pisang ambon,” jelas Chef Muto. Pemakaian tepung terigu dan tepung beras dalam jumlah secukupnya, dengan perbandingan 5:2.

  2. Buat adonan dari tepung terigu dan tepung beras. Potong pisang kecil-kecil kemudian lumuri dalam adonan. Sementara itu rebus air hingga mendidih. “Jika buih air sudah terlihat, segera rebus pisang sebentar.” Selama kurang lebih 2 menit, adonan tepung pisang mulai mengeras dan pisang bisa diangkat.

  3. Tempatkan pisang dalam piring saji kemudian taburi dengan kelapa parut segar sesuai selera. “Kelapanya tidak perlu direbus, cukup diparut mentah. Ada rasa gurih alami dari pemakaian kelapa parut ini,” terang Chef Muto.

  4. Sajikan dan hias sesuai selera. Agar manis legit, siramkan saus gula merah dan potongan nangka. Pisang rai pun siap dinikmati.

Referensi

Yuk, Bikin Pisang Rai yang Lembut Legit Khas Bali!