Resep membuat tahu sumedang?

images23081983346-tahu-sumedang

Bahan-bahan Tahu Sumedang Crispy :

  • Kedelai 1 Kilo Gram
  • Air Secukupnya
  • Cuka Encer Secukupnya
  • Bibit Tahu secukupnya
  • Alat Yang Digunakan :
  • Mesin Penggiling Kedelai

Cara Membuat Tahu Sumedang Crispy :

  1. Langkah awal mula-mula bersihkan kedelai dengan kedelai yang berlubang dan kotoran-kotoran lainnya . kemudian jika sudah terpilih kedelai yang baik , rendam kedelai dalam air yang cukup . ( untuk kedelai lokal direndam kira-kira 10 jam , jika kedelai import cukup 4-5 jam saja ) . Setelah cukup lama direndam , kedelai lokal direndam , kedelai dicuci dengan air bersih 2-3 kali . lalu tiriskan hingga kesat . kedelai selanjutnya siap digiling menjadi bubur . Agar proses penggilingan berjalan lancar dan memberi hasil yang baik , ditambahkan air pada saat menggiling kedelai .
  2. Selanjutnya bubur kedelai digodog diatas tungku hingga mendidih . busa yang timbul diatas bubur kedelai yang mendidih , sebaiknya setiap kali dibuang dan bubur dibiarkan mendidih selama 10 menit . jika sudah mendidih , ambil lalu disaring dengan kain kasa dan ampasnya dibilas dengan air bersih .
  3. Ampas dari saringan diperas , hingga sebanyak mungkin sari kedelai dapat terambil . kemudian sari kedelai digumpalkan dengan cara menambahkan cuka encer berbanding 1:5 . batu tahu atau sisa air tahu didiamkan selama semalam , sambil terus diaduk secara perlahan .
  4. Dengan mendiamkan , akan terbentuk gumpalan-gumpalan yang agak besar , yang akan terus kebawah . air diatas endapan tahu , dibuang sebanyak mungkin .
  5. Endapan tahu lalu dicetak dengan memberi beban diatasnya , baru setelah 10-15 menit maka jadikan tahu yang kita inginkan .