Rempah dapur apa saja yang dapat memiliki manfaat untuk kecantikan?

Tak hanya buah-buahan dan sayur mayur saja yang bisa dijadikan produk kecantikan alami. Anda juga bisa memanfaatkan rempah-rempah dan bumbu yang tersimpan di dapur untuk merawat kecantikan.

Lada atau Merica
Bumbu dapur satu ini memiliki sensasi hangat yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Gunakan merica bubuk alami sebagai scrub untuk mengeskfoliasi kulit sehingga terbebas dari kotoran yang menyumbat pori-pori dan memperlancar peredaran darah. Anda boleh mencampurkan plain yogurt untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif. Oleskan scrub adonan tersebut ke permukaan wajah dan diamkan selama tujuh menit.

Jahe
Ada rahasia tentang khasiat jahe yang belum banyak orang tahu. Ternyata, jahe mampu membersihkan kulit hingga ke lapisan terdalam, khususnya untuk kulit yang berminyak. Tidak hanya itu, jahe juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi pada jaringan kulit sehingga menjadi tampak lebih segar.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengiris jahe dan oleskan ke permukaan kulit kurang lebih 15 sampai 20 menit hingga sari-sari jahe meresap ke dalam kulit. Setelah selesai bilas wajah menggunakan handuk basah.

Kunyit
Salah satu bahan alami yang dipercaya dapat mencerahkan kulit adalah kunyit. Bahkan ada banyak produk kecantikan kulit yang mengandung kunyit, seperti masker atau lulur. Kandungan vitamin C di dalamnya berkhasiat untuk mencegah kerutan akibat penuaan, serta mencerahkan kulit yang mengalami pigmentasi dan lingkar mata yang menghitam.

Campurkan 2 sdm kunyit bubuk, 1 sdmn susu segar, dan 1 sdm jus tomat. Kemudian balurkan merata ke permukaan kulit yang Anda inginkan. Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

Garam
Sama seperti merica, garam memiliki manfaat sebagai eksfoliator. Garam mampu mengangkat sel-sel kulit mati, serta menghaluskan tumit kaki yang kering dan pecah-pecah. Untuk eksfoliasi, Anda bisa mencampurkan garam ke dalam minyak zaitun. Kemudian gosokkan ke seluruh permukaan tubuh. Sedangkan untuk kesehatan kaki, masukkan garam ke dalam air hangat. Kemudian rendam kaki Anda san gosok menggunakan sikat atau batu apung.

Cengkeh
Nah, kalau bumbu dapur yang satu ini sangat kaya akan antioksidan karena mengandung kadar polifenol yang tinggi. Cengkeh juga berkhasiat sebagai cleanser alami yang dapat membersihkan kulit dair berbagai kotoran dan kuman penyebab jerawat di wajah. Wanginya yang harum juga sangat bermanfaat sebagai aromaterapi untuk relaksasi.

Sumber : Babaumma | Kumpulan Berita dan Informasi dari berbagai sumber yang terpercaya