Rekomendasi 3 Kota Untuk Kamu yang Berniat Lakukan Perjalanan Spiritual!

Vatikan

Kota Vatikan adalah merupakan pusat budaya dan sejarah penting bagi umat Katolik dan peziarah serta turis lainnya dari seluruh dunia. Tujuan populer di antara pengunjung adalah Basilika Santo Petrus yang dibangun pada abad ke-4 dan dibangun kembali pada abad ke-16.

Basilika Santo Petrus menjadi Gereja Katolik terbesar didunia. Disini, wisatawan dapat menghadiri misa dan menerima Komuni. Setelah itu, Paus memberi pesan perdamaian dan memberkati orang banyak di halaman luar Basilika Santo Petrus.

Varanasi

Sebuah kota kuno di sepanjang tepian Sungai Gangga, India. Varanasi dianggap oleh banyak umat Hindu sebagai pusat alam semesta Hindu. Legenda Hindu menceritakan tentang Dewa Siwa yang mendirikan Varanasi dan tinggal di sana sekali waktu.

Lokasi utama yang penting di Varinasi yaitu Sungai Gangga, sebuah sungai yang sangat tidak dapat dipisahkan dari kepercayaan umat Hindu. Dalam satu tahun, lebih dari satu juta orang percaya akan memasuki kota suci untuk mandi atau minum air suci di Varanasi.

Bodh Gaya

Terletak di Bihar, India. Bodhgaya adalah tempat suci bagi umat Budha. Sejarah menyebutkan, setelah 49 hari meditasi duduk di bawah pohon Bodhi di kota suci ini, Siddhartha Gautama mencapai pencerahan dan menjadi Buddha.

Terletak di depan pohon Bodhi, Kuil Mahabodhi adalah kuil Buddha yang paling suci. Setiap tahun, peziarah serta biarawan dan biarawati pergi ke Bodh Gaya untuk bermeditasi di bawah pohon yang sama dengan Sang Buddha.

Kalau yang muslim sih pastinya ke Mekkah yaaa. Mekkah adalah salah satu kota suci bagi umat muslim, selain Madinah dan Al-Quds (Yerusalem). Terletak di Arab Saudi, kota ini menjadi tempat umat muslim diseluruh dunia untuk menjalankan rukun islam ke-5 yaitu Haji. Selain itu, umat muslim dapat melakukan perjalanan spiritual seperti umroh.

Kota Mekkah pertama kali ditempati oleh Nabi Ibrahim bersama istrinya Siti Hajar dan putranya Nabi Ismail. Dan dikota ini juga, Nabi Muhammad lahir. Mekkah menjadi kiblat bagi seluruh umat muslim di dunia.