Rekomen wisata air terjun yang bagus dimana saja?

air terjun jeongbang

Banyak tempat wisata di Indonesia patut disinggahi. Bosan ke pantai atau pegunungan, kita juga bisa berwisata melihat air terjun. Di mana saja tempatnya?

Berikut ini air terjun yang dapat Anda kunjungi:

  1. Air Terjun Sigura-gura, Toba Samosir
    Air Terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir, sekitar 250 kilometer dari Kota Medan. Air terjun ini paling tinggi di Indonesia, dengan ketinggian 250 meter. Suara dentuman air yang jatuh, bahkan dapat terdengar dari kejauhan. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang terjal. Beberapa tumbuhan khas dataran tinggi, menghiasi pemandangan alam di sekitar air terjun.

  2. Air Terjun Saluopa, Poso
    Ini air terjun tanpa ujung. Pasalnya saat menyusuri air terjun, Anda harus menuruni bebatuan gunung sebanyak 12 tingkat agar sampai pada ujung air terjun. Tinggi air terjun sekitar 25 meter. Di sekitar air terjun, ada banyak bebatuan dan tebing yang tidak terlalu tinggi. Air terjun Saluopa berada di Desa Leboni, Kecamatan Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

  3. Air Terjun Nglirip, Tuban
    Air Terjun Nglipir memiliki warna biru yang terlihat sangat indah. Sepanjang perjalanan menuju air terjun, Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah dan udara sejuk. Anda dapat pergi bersama dengan keluarga dan bersantai di bawah pohon rindang. Air terjun yang memiliki ketinggian 30 meter ini, memiliki sebuah goa besar di balik air terjun. Air terjun ini berasal dari beberapa sumber mata air di daerah Hutan Krawak yang berjarak sekitar 3 km dari lokasi. Air terjun ini berada di Tuban, Jawa Timur.

  4. Air Terjun Cikanteh, Sukabumi
    Jika mengunjungi Air Terjun Cikanteh, Anda akan menemukan berbagai macam air terjun. Di sana ada tiga air terjun dalam satu lokasi. Curug paling atas bernama Curug Cikanteh, kedua adalah Curug Ngelai, dan paling bawah adalah Curug Sodong. Di sana terdapat jenis batu yang berumur ribuan, bahkan jutaan tahun. Batuan akik yang unik dan langka, banyak ditemukan. Curug-curug tersebut terletak di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

  5. Air Terjun Dua Warna, Deliserdang
    Air Terjun Dua Warna memiliki air berwarna biru dan bening. Perjalanan menuju ke air terjun, tidak mudah. Sebab harus menembus hutan yang rimbun selama lebih dari satu jam. Selain itu, jalanan masih tidak rata, harus menanjak dan melewai jurang. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan pemandangan indah. Anda dapat berenang di air terjun dua warna. Air terjun ini terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara.

Sumber: