Reid Hoffman: Co-Founder dan Executive Chairman dari LinkedIn Corp

Biografi, Reid Hoffman


Pekerjaan
Co-Founder dan Executive Chairman dari LinkedIn Corp.

Afiliasi lainnya
• Greylock
• PayPal

Tempat dan Tanggal Lahir
Stanford, California, Amerika Serikat, 5 Agustus 1967

Kewarganegaraan
Amerika Serikat

Pendidikan
Master of Philosophy, Oxford University, Oxford, UK

Total Kekayaan
$3.8 billion USD (August 2016)

Peringkat berdasarkan Forbes

  • 150 Forbes 400 (2016)

  • 52 Richest In Tech (2016)

  • 18 Midas (2016)

  • 722 Billionaires (2016)

  • 65 Powerful People (2013)

Riwayat Hidup


Hoffman lahir pada tanggal 5 Agustus 1967 di Palo Alto, California, dari seorang ibu bernama Deanna Ruth (Rutter) dan seorang ayah yang bernama William Parker Hoffman, Jr., dan dibesarkan di Berkeley, California. Ayahnya berkerja sebagai seorang pungusaha real estate. Lalu Kakek dari ayahnya adalah presiden dari Universitas Indiana dan seorang pendeta Presbyterian Theophilus, yaitu Adam Wylie. Hoffman belajar di The Putney School dan kemudian melanjutkan kuliahnya di Stanford University. Dia lulus dari Stanford University pada tahun 1990, di mana ia memenangkan dua yaitu Beasiswa Marshall dan Dinkelspiel Award, dengan B.S. Sistem Simbolik dan Cognitive Science. Dia melanjutkan gelar master di bidang filsafat di Oxford University pada tahun 1993. Lalu pada tahun 2004 di menikah dengan seorang perempuan yang bernama Michelle Yee. Mereka saling bertemu di perguruan tinggi yang sama. Dan dari sanalah mereka menjadi sepasang kekasih hingga sekarang. Pasangan ini menikah dengan cara yang sederhana. Hoffman dan Yee yang bahagia menikah dan berbasis di Palo Alto di California selama 10 tahun terakhir dengan rumah berisikan 4 kamar tidurnya. Yee juga duduk di dewan direksi banyak organisasi.

Riwayat Karir


Reid Hoffman merasa ingin melakukan sesuatu yang besar dan tentunya sesuatu yang positif yang dapat memberikan pengaruh pada dunia. Dia menyadari bahwa latar belakang pendidikannya tidak diragukan lagi dan akan sangat berguna baginya untuk menjadi faktor utama untuk menunjang karirnya sebagai pengusaha. Sehingga ia memulainya pada tahun 1994, bergabung dengan Apple Computer di mana ia membuat upaya pertama untuk membuat jaringan sosial (koneksi). Kemudian ia bekerja pada eWorld yang diakuisisi oleh AOL pada tahun 1996. Lalu, Ia mengambil pekerjaan di Fujitsu untuk sementara waktu sebelum menjadi wakil pendiri perusahaan pertamanya yang disebut SocialNet.com. Perusahaan itu adalah situs kencan online tapi itu adalah idenya yang menerutnya masih belum pada waktu yang tepat. Selama ini, Hoffman juga mejadi anggota dewan direksi di PayPal. Dia meninggalkan SocialNet.com pada tahun 2000 dan mulai fulltime bekerja di PayPal sebagai COO. Pada tahun 2002, ia telah menjadi wakil presiden perusahaan tersebut.

Pada tahun 2002, Hoffman mendirikan LinkedIn dengan dua rekannya dari SocialNet. Website diluncurkan pada Mei 2003 dan menjadi salah satu situs pertama dari jenis bisnisnya tersebut. Dari November 2012 dan seterusnya LinkedIn telah memiliki lebih dari 187 juta pengguna di lebih dari 200 negara. Para pengguna dapat menyimpan daftar orang-orang dengan rincian koneksi mereka. Pada Forbes disebut bahwa situs ini adalah alat jejaring sosial yang paling menguntungkan bagi para pencari kerja dan profesional bisnis saat ini. Hoffman adalah pendiri LinkedIn di awal dan menjadi Ketua dan Presiden Produk di tahun 2007. Pada bulan Juni 2009, ia menjadi Ketua Eksekutif perusahaan.

Setelah PayPal dijual ke eBay, Hoffman menjadi sangat sukses dan salah satu investor yang paling kreatif dari Silicon Valley. Dikenal sebagai “Silicon Valley’s uber-investor”, Reid Hoffman telah berinvestasi di banyak perusahaan seperti Zynga, Wikia, SixApart, Permuta, Flickr, Ping.fm, Care.com, Kongregate, Tagged, IronPort, OneKingsLane, Edmodo, Shopkick, Vendio , Digg, Nanosolar, Knewton, Technetto, wrapp dan OneKingsLane. Dia dikatakan telah duduk di hampir setiap kursi di meja di Silicon Valley. Dia adalah seorang manajer produk junior di Apple dan Fujitsu, seorang eksekutif di PayPal, investor institusional, anggota dewan dari perusahaan publik dan swasta, dan akhirnya menjadi pendiri dan menjadi kepala eksekutif LinkedIn.

Hoffman sering menghadiri Forum Ekonomi Dunia di Swiss, Davos dan Bilderberg Meetings. Dia juga sering memberi kuliah di Oxford University, Stanford University, Harvard, MIT dan beberapa kampus yang lain. Prestasinya telah diakui dengan banyaknya penghargaan dan kehormatan yang didapatkannya, termasuk juga “Ernest and Young U.S Entrepreneur of the Year” penghargaan yang dipatkannya pada tahun 2011. Dia juga peringkat nomor 3 di Forbes yaitu Midas List of Top Tech Investors.

Fakta-fakta


  1. Reid Hoffman bertemu dengan istrinya Michelle Yee karena dikenalkan oleh seorang temannya hingga akhirnya mereka berkencan.
  2. Hoffman sering diundang untuk memberi kuliah di berbagai universitas terkenal di dunia.
  3. Hoffman dikenal sebagai Angel of investor karena sangking banyaknya dia berinvestasi di berbagai perusahaan.

Quotes


You have to be constantly reinventing yourself and investing in the future. Reid Hoffman
Everything in life has some risk, and what you have to actually learn to do is how to navigate it. Reid Hoffman
Entrepreneurs are like visionaries. One of the ways they run forward is by viewing the thing they’re doing as something that’s going to be the whole world. Reid Hoffman
Silicon Valley is a mindset, not a location. Reid Hoffman
Relatively few people should start companies. Reid Hoffman

Referensi