Ray Kroc - Owner McDonald

sumber gambar : http://vignette2.wikia.nocookie.net/ronaldmcdonald/images/d/d6/Ray_Kroc-345px.png/revision/latest?cb=20140808233503
Biografi, Raymond Kroc
Pekerjaan
Pengusaha
Tempat, Tanggal lahir
Oak park, Illionis, Amerika serika, 5 Oktober 1902
Meninggal
14 Januari 1984, di San Diego, California, Karena gagal jantung
Kewarganegaraan
Amerika Serikat
Kekayaan
$340 juta
Riwayat Hidup
Ray Kroc lahir dan besar di Oak Park, Chicago, Illinois, Amerika Serikat pada tanggal 5 Oktober 1902. Orang tuanya yang merupakan imigran dari Republik Ceko memberikan nama Raymond Albert Kroc di hari kelahirannya. Akibat Perang Dunia II (1941 – 1045), ia berhenti sekolah dan menjadi tentara untuk ikut berperang. Saat menjalani tugas dalam perang, Walt Disney yang kelak menjadi animator ternama Amerika Serikat menjadi teman dekatnya karena mereka berusia sebaya. Karena ingin bertugas dinas di Palang Merah, Kroc dan Disney membohongi penguji bahwa mereka sudah memenuhi persayartan untuk batas usia yang ditentukan yaitu 17 tahun. Setelah tes diterima, ia kemudian ditugaskan menjadi sopir ambulans untuk Palang Merah meskipun umurnya baru 15 tahun saat itu. Setelah Perang Dunia II berakhir, Kroc mulai menjadi karyawan perusahaan dan bertugas di bidang penjualan gelas kertas.
Pada tahun 1961 dia mengakuisisi McDonald dari tangan McDonald bersaudara. Ia menjalankan bisnisnya dengan sangat cekatan dan cermat walaupun saat itu usianya sudah mencapai 59 tahun. Di usia 72 tahun, ia membeli tim baseball San Diego Padres dengan harga fantastis dan membatalkan rencana mereka untuk pindah ke Washington, D.C pada tahun 1974. Pada tanggal 14 Januari 1984, Kroc meninggal dunia di usia 81 tahun. Hari berkabung itu hanya berjarak sepuluh bulan sebelum McDonald’s mencetak rekor penjualan hamburger ke-50 miliar di seluruh dunia.
Riwayat Karir
Ray Kroc lahir pada tanggal 5 Oktober 1902. Ketika berumur 15 tahun, Kroc mendaftar sebagai supir ambulan untuk palang merah. Saat perang dunia II dimulai, dia mengorbankan sekolahnya untuk ikut dalam perang dunia II. Setelah perang selesai, dia kembali dan bekerja di sebuah perusahaan sebagai salesman gelas kertas yang masih merupakan barang baru pada waktu itu. Kroc sangat berkontribusi pada perusahaan tersebut, sehingga dia terpilih menjadi karyawan terbaik waktu itu. Dalam usahanya menjual gelas kertas, ia bertemu dengan penemu mixer yaitu, Earl Prince.
Pada suatu ketika, perusahaan gelas kertas tersebut mengalami kerugian, gaji Kroc pun dipotong 10%. Kroc tidak terima karena dia menganggap dirinya bekerja lebih keras daripada yang lain. Pihak perusahaan yang tidak ingin kehilangan salah satu karyawan terbaiknya akhirnya mengalah dan tidak jadi memotong gaji Kroc. Namun, tidak lama kemudian pihak perusahaan malah memotong gaji anak buah Kroc, mengetahui hal ini, Kroc pun marah dan kemudian ia meninggalkan perusahaan.
Setelah keluar dari perusahaan gelas kertas tersebut, Kroc bekerjasama dengan Earl Prince untuk memasarkan mixer untuk membuat milkshake buatannya. Hasilnya, dalam 15 tahun milkshake buatannya merajai penjualan di AS. Ketika menjual milkshake, Kroc menyadari bahwa pelanggan terbesarnya adalah sebuah restoran yang berpusat di California, yang dimiliki oleh McDonald bersaudara. Dia pun terbang ke California untuk melihat bisnis itu. Disana, dia menyadari bahwa restoran ini mempunyai masa depan yang cerah, tetapi sayangnya McDonald bersaudara tidak berminat untuk mengembangkan bisnis itu. Kroc kemudian mengajukan diri untuk menjadi terwaralaba bagi McDonald. Pada tahun 1954, Ray Kroc membuka McDonald’s pertamanya di Des Plaines, Illinois. Pada tahun 1961, ia berhasil membeli McDonald’s Corporation seharga $2.7 juta dari McDonald bersaudara.
Hingga tahun 2004, McDonald yang dikelola oleh Ray Kroc memiliki 30.000 cabang di seluruh dunia dengan rata – rata jumlah pengunjung per hari adalah 50.000.000. McDonald saat ini juga menjadi restoran cepat saji terbesar di dunia.
Fakta – Fakta

  1. Orang tua Ray Kroc merupakan imigran dari Republik Ceko
  2. Ray Kroc berhenti sekolah saat umur 14 tahun
  3. Merupakan teman dekat dari Walt Disney
  4. Pernah menjadi supir ambulan saat berumur 15 tahun
  5. Pernah mengikuti perang dunia ke 2
  6. Menjadi karyawan terbaik di perusahaan gelas kertas
  7. membeli McDonald seharga $2.7 juta
  8. membeli tim baseball San DiegoPadres pada usia 72 tahun
    Quotes
    a. The quality of a leader is reflected in the standards they set for themselves.
    b. If you work just for money, you’ll never make it, but if you love what you’re doing and you always put the customer first, success will be yours.
    c. If you’re not a risk taker, you should get the hell out of business.

referensi :
http://www.bisnishack.com/2014/07/kisah-sukses-perjalan-bisnis-ray-kroc.html




http://www.encyclopedia.com/people/social-sciences-and-law/business-leaders/ray-kroc