Randy Pausch, Menginspirasi Ribuan Orang dengan Pidatonya

Randy Pausch, seorang profesor ilmu komputer Amerika, mengetahui bahwa ia menderita kanker pankreas pada bulan September 2006. Dia diberi 3 bulan hidup, namun ia hidup 3 tahun lagi dan menginsipirasi jutaan orang dari seluruh dunia untuk mengikuti impian mereka.

Setahun setelah didiagnosis, Pausch memberikan ceramah ceria berjudul “The Last Lecture: Really Achieving Your Childhood Dreams” di Carnegie Mellon, yang menjadi video YouTube yang populer dan muncul di berbagai media.

Randy

Dalam pidatonya yang terkenal, Pausch menunjukkan daftar impian masa kecilnya, dan menjelaskan bagaimana dia mencapai masing-masing dari mimpi tersebut. Mimpinya adalah berada dalam gravitasi nol, bermain di National Football League, menjadi penulis artikel Ensiklopedia World Book, bertemu dan menjadi Kapten Kirk, sebagai “salah satu dari orang-orang yang memenangkan hewan boneka besar di taman hiburan”, dan menjadi Disney Imagineer.

Dia kemudian ikut menulis sebuah buku berjudul “The Last Lecture” dengan tema yang sama, yang menjadi best seller New York Times.

Sayangnya, Pausch meninggal karena komplikasi akibat kanker pada 25 Juli 2008, namun warisannya terus menginspirasi orang.

Apa pendapat anda tentang kisah Pausch ini?

Sumber:

Yang bisa kita contoh dari Pausch ini adalah semangat hidupnya. Mayoritas orang ketika mereka mendapatkan diagnosa penyakit yang mematikan, mereka cenderung menyerah. Mereka berpikir bahwa tidak ada gunanya lagi untuk melakukan banyak hal. Namun, Pausch berbeda. Dia bahkan menjadi inspirasi bagi orang lain.