Quotes Tentang Musik

Tanpa musik, hidup adalah sebuah kesalahan

Meski merupakan kutipan yang berasal dari masa lampau, kata simple tapi keren ini masih relevan hingga kini. Kutipan ini juga cocok dijadikan kata kata caption keren. Musik tidak hanya sekedar bunyi-bunyian semata. Musik yang tepat bisa memberi motivasi dan inspirasi untuk mengiringi kegiatan sehari-hari.

Ada musisi yang memang bisa menjadikan kehidupan sehari-harinya sebagai sumber inspirasi. Artinya, hal sederhana yang terjadi dalam hidup di sekitarnya menjadi limpahan inspirasi tiada henti. Tinggal bagaimana dia mampu mengolah hal tersebut menjadi karya yang inspiratif dan selalu terdengar baru di telinga pendengarnya. Dengan kata lain, dia tidak perlu mencari inspirasi itu. Dia hadir dalam keseharian yang sedang dijalani. Temanya bisa beragam, mulai dari yang sifatnya perasaan secara personal seperti perasaan bahagia, patah hati, marah, kecewa atau bahkan perasaan depresi. Atau, bisa mengambil sudut pandang yang menjadi keresahan secara komunal seperti kerusakan lingkungan, bencana alam, peperangan dan bahkan nilai-nilai relijius. Musisi seperti Iksan Skuter, Rosemary, Turtles Jr., Karinding Attack, atau Extreme Decay adalah beberapa contoh band atau musisi yang hadir dengan karya-karya yang mengedepankan isu-isu yang terjadi di keseharian.

Namun, ada kalanya inspirasi itu tidak muncul begitu saja. Dia perlu proses penggalian dan pencarian yang rumit. Musisi harus berusaha keras untuk membangun sebuah ekosistem sendiri demi sebuah inspirasi. Proses pencarian melalui setumpuk buku-buku teori, proses diskusi panjang dengan berbagai pakar, melakukan perjalanan dan menetap di berbagai berbagai tempat adalah salah satu bentuk bagaimana sebuah inspirasi akhirnya bisa ditemukan untuk kemudian diolah dan dituangkan kedalam bentuk karya.

Tentu, kita masih ingat bagaimana seorang Addy Gembel vokalis Forgotten yang dengan susah payah membangun ekosistem tersebut. Dia menenggelamkan dirinya dalam tumpukan buku teori dan retorika pergerakan sosial demi sebuah inspirasi mencipta lirik. Ada beberapa band yang rela melakukan perjalanan bersama lalu menetap di sebuah tempat untuk menciptakan sebuah karya. Selain membangun keintiman, juga diharapkan suasana baru bisa memberikan suntikan inspirasi dan kreativitas mereka. Bahkan, ada beberapa musisi yang melakukan petualangan mendebarkan di dunia sex , drugs and rock n’roll demi mendapatkan inspirasi dan rela mengesampingkan segala resikonya.

Inspirasi bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Tinggal masalah kepekaan dan kreativitas dari musisinya untuk melihat dari berbagai sudut pandang. Namun, kadang kala inspirasi itu menjadi sesuatu hal yang sulit dicari dan ditemukan. Apalagi jika faktor ketidakpuasan dan totalitas dalam mencipta karya yang berbeda mendorong setiap musisi untuk selalu tergerak mencarinya. Kadang, pendengar lupa untuk bertanya atau sekedar berpikir darimana sebuah ide awal dari karya yang sedang dia dengarkan. Bisa jadi melalui proses yang sangat sederhana atau bahkan harus melalui tahapan proses yang rumit. Selamat berinspirasi!

Sumber:


Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.

Setiap alunan musik mampu meredakan jiwa marah, dan mendamaikan dunia yang memanas. Musik bisa membuatmu menangis, tertawa, ceria, semangat, sedih, bahagia, dan damai. Bahkan musik mampu membuatmu merasakan perasaan tadi secara bergantian dalam waktu singkat. Karena irama dan lirik yang di bawakan merupakan curahan isi hati yang dituliskan.

Adakah hal lain yang mampu melakukan hal itu selain musik?

“One good thing about music, when it hits you, you feel no pain.” - Bob Marley

Pengaruh musik pada kesehatan mental telah dikenal selama ribuan tahun. Para filsuf kuno dari Plato hingga Konfusius dan raja-raja Israel menyanyikan pujian musik dan menggunakannya untuk membantu menenangkan stres. Band militer menggunakan musik untuk membangun kepercayaan diri dan keberanian. Acara olahraga menyediakan musik untuk membangkitkan antusiasme. Anak-anak sekolah menggunakan musik untuk menghafal ABC mereka. Mall-mall perbelanjaan memutar musik untuk memikat konsumen dan menyimpannya di toko. Dokter gigi memutar musik untuk membantu menenangkan pasien yang gelisah. Penelitian modern mendukung kearifan konvensional bahwa musik bermanfaat bagi suasana hati dan kepercayaan diri.

Terlepas dari perbedaan-perbedaan ini, ada beberapa tanggapan umum terhadap musik. Bayi menyukai lagu pengantar tidur. Nyanyian ibu sangat menenangkan, terlepas dari bakat atau pelatihan musik formal ibu. Jenis-jenis musik tertentu membuat hampir semua orang merasa lebih buruk, bahkan ketika seseorang mengatakan dia menikmatinya; dalam sebuah penelitian terhadap 144 orang dewasa dan remaja yang mendengarkan 4 jenis musik yang berbeda, musik grunge menyebabkan peningkatan signifikan dalam permusuhan, kesedihan, ketegangan, dan kelelahan di seluruh kelompok, bahkan pada remaja yang mengatakan mereka menyukainya. Dalam studi lain, mahasiswa melaporkan bahwa musik pop, rock, oldies, dan klasik membantu mereka merasa lebih bahagia dan lebih optimis, ramah, santai, dan tenang.