Quotes Suka Duka Menggapai Mimpi

20200704_160729_0000
20200704_161053_0000
20200704_161101_0000

Mimpi dapat memiliki dua arti, yang pertama adalah sebagai bunga tidur yang berada di alam bawah sadar kita dan yang kedua adalah sebagai impian yang ingin kita raih. Setiap dari kita pastilah mempunyai mimpi yang berbeda-beda. Mulai dari impian masa kecil yang sederhana, hingga impian besar untuk merubah dunia yang sekarang kita tinggali. Namun, sebagaimana seorang manusia biasa terkadang kita terlalu terlena dalam angan-angan yang begitu indah hingga kita bahkan lupa untuk merealisasikan mimpi kita. Biasanya hal ini disebabkan karena kita sudah terlalu nyaman membayangkan apa yang bisa kita raih nantinya, tetapi hal tersebut membuat kita lupa bahwa kita masih harus berjuang agar bisa meraih mimpi yang kita dambakan. Perjuangan inilah yang sebenarnya menjadi tantangan terberat ketika kita hendak mraih mimpi. Sebelum kita lanjut ke pembahasan aku mau nanya dulu nih, menurut kalian mengejar mimpi itu kaya gimana sih? Apakah sekedar berjuang menggapai mimpi? Yuk kita bahas bareng-bareng.

Mengejar mimpi memiliki konteks yang begitu luas. Masing-masing dari kita pastilah memiliki pandangan tersendiri terhadap apa itu makna mengejar mimpi. Nah, untuk pembahasan kali ini aku ingin menggunakan salah satu makna mengejar mimpi yang cukup umum. Setelah melakukan beberapa wawancara dan literasi kurasa aku dapat menyimpulkan bahwa bagi banyak orang mengejar mimpi dapat diartikan sebagai usaha untuk bisa berhasil memenuhi keinginan, tujuan, atau bahkan tantangan yang sudah kita tentukan untuk diri kita sendiri. Ketika kita berhasil meraih mimpi yang kita inginkan pastilah akan terasa kepuasaan dan kelegaan tersendiri bagi diri kita. Rasa puas inilah yang kemudian sering kali kita jadikan dorongan untuk mewujudkan mimpi. Karena sesederhana apapun mimpimu, aku yakin pasti saat kamu berhasil meraihnya akan timbul perasaan bahagia di hatimu. Oleh karena itu, jangan pernah merasa minder dan mudah berputus asa dalam menggapai mimpimu. Karena bahkan dengan mimpi yang kecil sekalipun kamu dapat membuat perubahan yang begitu besar untuk dunia ini di masa yang akan datang. Begitu pula sebaliknya.

Banyak orang berkata, “Bermimpilah setinggi-tingginya, hingga kau dapat meraih bintang di angkasa.” Memiliki mimpi yang tinggi memanglah tidak salah, bahkan memiliki mimpi yang tinggi itu sebenarnnya bagus lho. Asalkan mimpi itu juga dibarengi dengan tekad dan usaha kita untuk meraihnya. Jadi, jangan hanya bermimpi saja ya teman-teman.

Selain itu, perlu kamu ingat juga bahwa terkadang perjuangan meraih mimpi itu tak semudah menceritakannya di layar televisi, dan tak semua mimpi juga berakhir seindah tersenyum kepada media massa. Akan ada saat dimana kita jenuh karena terlalu lelah untuk mengejar mimpi yang kita dambakan, akan ada saat dimana kita merasa putus asa dan ingin sekali untuk menyerah. Pada saat-saat seperti inilah kita harus mengingat kembali alasan paling utama yang membuat kita mulai berusaha mewujudkan mimpi, dan juga alasan-alasan kita tetap mengejarnya selama ini. Oleh sebab itu, sebaiknya ketika kita hendak mengejar mimpi maka berusahalah sebisa kita tanpa berekspetasi berlebihan terhadap hasil yang mungkin kita dapat. Seperti halnya kata pepatah “usaha tidak akan mengkhianati hasil” maka percayalah bahwa apapun hasil yang kita peroleh itu sudah sepadan dengan usaha yang kita berikan. Jadi, mulai sekarang yuk ubah pola pikir kita yang awalnya berorientasi terhadap hasil menjadi lebih fokus memaksimalkan usaha kita sebisa mungkin tanpa memaksaan diri kita melebihi batas kemampuan kita masing-masing.

Teman-teman disini juga harus ingat, bahwa kita hanyalah manusia biasa yang masih bisa gagal. Nah, kegagalan dalam meraih mimpi itu belum tentu sepenuhnya salah kita lho, kita sepatutnya tidak boleh lupa bahwa meski manusia berencana namun tetap Tuhanlah yang memutuskan. Apa yang baik bagi kita belum tentu yang terbaik untuk kita. Sehingga alangkah baiknya bila kita hanya berusaha sebisa mungkin dan berdoa, lalu cukup pasrahkan saja semuanya kepada Tuhan.

Bermimpilah setinggi mungkin, tapi janganlah berekspetasi terlalu tinggi. Bagaikan air yang berpasrah diri mengarungi alur arus sungai. maka sebaiknya juga setelah kita berusaha, biarkanlah segalanya terjawab satu demi satu seiringnya waktu berjalan. Dan apabila ternyata kita masih gagal setelah berusaha semaksimal mungkin, jangan mudah menyalahkan diri kita sendiri karena belum tentu mimpi kita belum tercapai karena kesalahan kita. Bisa saja memang itu belum rezeki kita. Selain karena memang belum rezeki, terkadang juga ada beberapa faktor eksternal yang berada diluar kemampuan kita yang menyebabkan kita gagal dalam meraih mimpi-mimpi kita. Namun, alangkah baiknya apabila kita senantiasa selalu bersyukur setiap saat. Mungkin belum berhasil hari ini, tapi ingatlah bahwa masih ada hari esok.

Setelah merasakan sakitnya kegagalan mungkin akan terlintas di benak kita untuk berhenti dan menyerah, terutama setelah kita sudah berusaha sekuat tenaga. Rasa kecewa memang wajar, tapi janganlah bersedih terlalu lama. Tidak ada kebahagiaan yang abadi, namun juga tak ada kesedihan yang tak pernah habis. Segala sesuatu yang ada di hidup tidak akan berlangsung untuk selama-lamanya. Perubahan demi perubahan selalu terjadi di sekeliling kita, bahkan sering tanpa kita sadari diri kita pun ikut berubah seiring berjalannya waktu. Perubahan yang terjadi di dalam diri kita merupakan hasil dari apa yang kita perbuat dan apa yang kita rasakan. Sehingga agar bisa berubah menjadi sosok yang lebih baik lagi, kita memerlukan mimpi dan tekad ingin memperbaiki diri, ingin menjadi sosok yang penyayang, pemaaf, dan rendah hati.

Meskipun terdengar sepele, mimpi-mimpi untuk bisa merubah diri dari dalam inilah yang sebenarnya merupakan langkah pertama yang sangat vital terhadap diri kita sebelum pada akhirnya dapat merealisasikan mimpi-mimpi besar kita yang lain. Seperti halnya pepatah yang mengatakan “Sesuatu yang besar berawal dari sesuatu yang kecil.” Didalam mimpi masih ada mimpi, kalimat tersebut memiliki arti bahwa mimpi yang besar akan dapat terwujud apabila kita mau berusaha dan mengubah diri kita dengan mimpi-mimpi kecil terlebih dahulu. Sebelum kita bisa mengubah dunia, pertama kita harus sudah bisa mengubah lignkungan kita. Sebelum dapat mengubah lingkungan kita, kita harus sudah bisa mengubah diri kita. Tapi jangan salah ya, berubahlah ke arah yang lebih baik tanpa merubah jati diri kita. Karena sejatinya, jati diri kitalah yang menggambarkan siapa kita sebenarnya di mata orang lain.

Ngomong-ngomong orang lain, dalam meraih mimpi tentu kita tidak bisa berjalan sendiri, bukan? Karena manusia memang sudah ditakdirkan sebagai mahluk sosial yang membutuhkan satu sama lain dalam menjalani hidupnya. Sehingga tidak heran apabila dalam meraih mimpi, kita membutuhkan orang lain seperti keluarga, teman, guru, atau bahkan orang yang tidak kita kenal sebelumnya baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Contoh secara langsung adalah kita membutuhkan jasa orang lain dalam meraih mimpi kita seperti orang tua yang mengantarkan anaknya ke sekolah, guru yang mengajar di kelas, atau bahkan teman yang selalu belajar bersama kita. Sementara contoh bantuan orang lain dalam mengejar mimpi secara tidak langsung adalah dukungan batin dari keluarga dan teman terdekat, atau contoh lainnya adalah seorang ibu yang membantu menenangkan kita saat kita jatuh gagal. Pesan aku untuk kita semua adalah, jangan pernah melupakan orang-orang yang sudah berjasa ini kelak ketika kita sudah berhasil menggapai mimpi yang kita inginkan. Aku tidak tahu bagaimana jadinya aku saat ini tanpa adanya seluruh orang yang sudah mendukungku hingga berada di titik ini. Hingga aku cukup berani untuk berusaha menulis ini semua.

Untuk menutup penjelasan quotes dari saya, perkenankan saya untuk mengutipkan sebuah renungan terhadap topik lomba kali ini yaitu “Berjuang Meraih Mimpi”.

“Sapa pagi dengan niat kebaikan di hati, saat mata terbuka dari aktifitas mati suri, dari tidur malam yang panjang. Ucapkan rasa syukurmu karena kembali terjaga untuk melihat dunia fana. Semalam mimpimu begitu indah? Semalam kau terbuai bahagia yang membuncah. Yang membuatmu enggan untuk membuka mata. Yang membuatmu malas beranjak dari dunia mimpi yang indah untuk kembali pada dunia fana yang penuh realita.” Siapapun anda dan dimanapun anda berada, semoga saja mimpi yang anda dambakan akan segera tercapai, dan teruslah bersemangat dalam mengejar mimpi anda.

Dan untuk yang terakhir aku hanya ingin mengatakan bahwa lewat tulisan ini, aku pun ingin mengungkapkan sebuah impian yang aku rasa setiap peserta memiliki impian yang sama, yaitu bisa menjadi pemenang dalam lomba ini. Impian yang sederhana, tapi bermakna luar biasa. Semoga impian dan cita-citaku ini bisa terwujud. Namun, jika ternyata Tuhan berkehendak lain, maka akan kujadikan lomba ini sebagai pengalaman dan intropeksi bagi diriku untuk bisa berkembang dan berubah untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Terimakasih.

C) Audio
https://drive.google.com/file/d/1_-w2Odm3KaqZsdcCYKsU6vrtUvfCJsn2/view?usp=drivesdk

#BerjuangMeraihMimpi
#LombaCiptaQuotes2.0
#dictiocommunity

21 Likes