Orang bodoh akan mencari kebahagiaan yang berada jauh dari mereka

James Oppenheim adalah penyair, novelis, dan editor asal Amerika. Ia pernah menyampaikan sebuah kutipan mengenai perbedaan orang bodoh dan bijak dalam mencari kebahagiaan :

“The foolish man seeks happiness in the distance. The wise grows it under his feet.”

Aritnya disini, orang bodoh akan mencari kebahagiaan yang berada jauh dari mereka. Tetapi ketika orang bijak mencari sebuah kebahagiaan, maka ia akan memulai dengan menumbuhkan kebahagiaan tersebut dari bawah kakinya atau dirinya sendiri. Orang bijak akan bisa membaca setiap langkah atau celah dalam mencari kebahagiaannya.

source :

1 Like

Bahagia bukanlah sesuatu yang muncul dari orang lain, kebahagiaan merupakan sesuatu yang dibangun dan diperjuangkan dari dalam diri sendiri. Ada beberapa kesalahan yang sering dijadikan patokan orang untuk menemukan bahagia dan kebahagiaan.

Orang sering merasa bahwa bahagia itu bisa bersama dengan kekasihnya, bahwa bahagia itu bila suami atau istrinya menuruti kemauannya, bahwa bahagia itu akan muncul bila keinginannya bisa dituruti. Kesimpulan-kesimpulan seperti ini menipu. Karena bahagia itu datang dari dalam diri sendiri dan melalui perjuangan yang tidak mudah.

Tumbuhkan kepercayaan diri untuk merasakan bahagia, dengan begitu kita bisa berhenti menggantungkan segala hal pada orang lain. Mulailah membangun bahagia dari dalam diri sendiri. Dengan berhenti menggantungkan segala hal pada orang lain, maka kita akan bisa mencapai sendiri kebahagiaan yang kita cari. Kemudian mulailah berpikir untuk membahagiakan orang lain setelahnya.

Mulailah memberi pada orang lain atau pasangan kita. Berikan kebahagiaan untuk mereka. Dari situ semua hal akan bergulir, orang lain akan banyak hadir membantu kita atau pasangan kita akan terus berada disamping kita bila mereka sudah merasakan betul “pemberian” kita.

1 Like

Pada dasarnya kebahagiaan tidak muncul dari luar namun dari diri sendiri yang membangunnya dan itu diperoleh dengan mengembangkan pola pikir positif. Berikut ini beberapa tips yang sejalan dengan opini James oppenheim tentang orang bijak yang membangun kebahagiaannya sendiri.

  1. Sadarilah bahwa kebahagiaan itu muncul dari diri sendiri
    Usahakan perubahan pada pola pemikiran Anda. Anda memang tak dapat mengendalikan semua aspek kehidupan yang ada, tetapi Anda dapat mengendalikan respons Anda. Ingatkan diri Anda (kalau perlu disuarakan dengan kencang) bahwal perilaku dan sikap Anda sepenuhnya berada di bawah kendali Anda. Pikiran Anda harus berfokus pada peningkatan hal-hal yang sudah baik dan bukan pada perbaikan hal-hal yang salah

  2. Bersyukur
    Sudah menjadi nasihat publik bahwa bersyukur adalah kunci kebahagiaan karena dengan tahap penerimaan atau syukur ini kita tidak kesulitan mencari definisi kebahagiaan yang mungkin terlihat dari orang lain. Cukup melihat dan menerima apayang kita punya dan merasakaanya secara utuh maka bahgia mudah dicapai.

  3. Bersikaplah jujur kepada diri sendiri dan orang lain
    Kebohongan akan menguras energi dan merusak kebahagiaan. Membohongi diri sendiri berarti menghalangi kesempatan belajar dan berkembang bagi diri sendiri. Membohongi orang lain berarti merusak kepercayaan dan keakraban.

  4. Tentukan sistem nilai yang Anda yakini
    Sistem nilai adalah keyakinan yang membentuk diri Anda dan cara Anda menjalani kehidupan. Sistem nilai bisa berupa keyakinan spiritual atau keyakinan yang sudah tertanam kuat dan sangat penting bagi Anda. Merenungkan nilai-nilai keyakinan bisa membantu Anda menentukan tujuan yang selaras dengan sistem nilai yang Anda pegang. Anda akan merasa puas dan bahagia apabila Anda bisa menjalani kehidupan yang sesuai dengan sistem nilai yang Anda yakini.