Quotes - Bayangan

Bayangan itu sama pentingnya dengan cahaya.

Banyak orang yang mengira bahwa hal terpenting di dunia ini adalah apa yang terlihat ketika terang. Sehingga gelap dan bayangan seolah menjadi tidak penting.

Padahal seperti halnya dalam teknik fotografi, bayangan itu memiliki peran yang sama pentingnya dengan cahaya. Bayangan bisa menciptakan kontras pada gambar, menekankan arah gambar yang ingin ditonjolkan, bahkan memperindah foto.

Sumber:

Berikut penjelasan mengapa bayangan sama penting seperti cahaya. bayang – bayang benda di permukaan Bumi oleh Matahari diantaranya adalah untuk menentukan jarak dua tempat di permukaan Bumi atau untuk menentukan radius Bumi.

Manfaat itu bisa diperluas untuk menentukan tinggi sebuah gunung atau tinggi sebuah pohon. Di luar planet Bumi, misalnya di Bulan bayang – bayang pinggiran kawah di Bulan juga dapat dipergunakan untuk menentukan kedalaman kawah Bulan.

Sedangkan bayang – bayang benda langit oleh Matahari bermanfaat untuk memperluas pengetahuan manusia tentang orbit dan jarak benda langit, serta menjadi indicator lama/selang waktu berlangsungnya gerhana Bulan dan gerhana Matahari. Dalam perspektif astronomi dan al Qur’an, pemanfaatan bayang – bayang benda/tongkat istiwa oleh Matahari merupakan indikator waktu ibadah shalat umat Islam.