Putri Tanjung - Pengusaha Millenial


Putri Tanjung merupakan Founder dan CEO di Creativepreneur dan Chief Bussiness Officer of Kreavi. Dan pada akhir November lalu ia terpilih menjadi salah satu staf khusus kepresidenan dari kalangan milenial. ini mengeyam pendidikan S1 di Academy of Art San Fransisco. Ia diketahui mengambil jurusan Multimedia Communication.

Perjuangan Putri Tanjung pun bisa dibilang tidak mudah dalam merintis usaha. Jatuh bangun ia rasakan dalam menjadi seorang pengusaha di usianya yang belia. Pada usia yang ke-17 tahun ia berhasil mendirikan EO (Event Organizer) miliknya sendiri.

Melalui akun media sosial Instagramnya, perempuan berumur 23 tahun ini seringkali membagikan potret social campaign-nya. Putri Tanjung seringkali diundang sebagai pembicara dalam berbagai acara talkshow dan seminar inspiratif.

Putri Tanjung: Pengusaha Muda Sukses yang Memiliki Visi untuk Indonesia

Putri Indahsari Chairul Tanjung atau biasa disapa Putri Tanjung menjadi salah satu gadis yang dinobatkan sebagai gadis inspirasional dan kreatif. Meskipun ada “Tanjung” di belakang namanya, itu tidak berarti keberhasilannya hanya diperoleh dengan mudah dari kekayaan ayahnya, Chairul Tanjung, yang merupakan seorang pengusaha terkemuka dan disebut-sebut sebagai orang terkaya ke-4 di Indonesia.

Gadis kelahiran 1996 ini memulai bisnis bernama El Paradiso sejak ia berusia 15 tahun dalam event organizer. Dia benar-benar memulai bisnis yang didirikan pada 2011 dari nol, tanpa dukungan finansial dari ayahnya. Putri bisa saja untuk membuat proposal acara dan diajukan kepada perusahaan sang ayah. Akan tetapi, ia ingin memperjuangkan sendiri usahanya tersebut. Hal ini pula karena sang ayah tidak akan memberikan sepeser pun modal untuk usaha yang dibangun dirinya. Tentu saja ini dilakukan agar sang anak dapat lebih mendiri dan berusaha dengan baik.

Baginya tak mudah untuk memulai bisnis yang masih awal tersebut. Putri memiliki pengalaman pahit pada saat itu. Dia mulai diremehkan oleh banyak orang, ditolak oleh beberapa perusahaan untuk mensponsori acaranya, hingga kesulitan mengumpulkan dana untuk sebuah acara. Tapi, seperti pepatah “Apel tidak pernah jatuh jauh dari pohon”, jadi darah wirausaha terus menyala di dalam dirinya. Ditolak di satu perusahaan untuk mencari sponsor, beralih ke perusahaan lain, seperti itu pantang menyerahnya Putri Tanjung maupun pengusaha-pengusaha lainnya diluar sana dalam menjalani bisnis.

Putri melanjutkan gairahnya dalam industri ini dengan memulai sebuah acara kecil, pesta ulang tahun. Berbekal pengalaman, hasil dari kegigihannya, dan kepercayaan dirinya, dia berani mengembangkan bisnis EO-nya dengan nama Creativepreneur Event Creator . Creativepreneur itu adalah sebuah event organizer, yang khusus menyebarkan virus entrepreneurship ke seluruh Indonesia.Putri mengaku usaha yang ia rintis dikemasnya dengan bergaya anak muda karena anak-anak muda itu melihat produk dari sisi kemasannya. Indonesia butuh lebih banyak lagi anak-anak muda yang kreatif, yang punya entrepreneurship mindset , karena dengan lebih banyak lagi pengusaha muda, pasti masalah masalah di Indonesia lebih banyak solusinya.

Pada usia 20 tahun, Putri lebih percaya diri untuk terlibat dalam bisnis dan proyek-proyek di industri kreatif yang melibatkan anak muda Indonesia yang memiliki semangat dan visi untuk Indonesia. Ini adalah gerakan “Muda Bergerak”, nama proyek yang dia lakukan bersama teman-temannya, dengan tujuan membakar semangat generasi muda sebagai inspirasi generasi Bangsa untuk berkontribusi pada lingkungan sekitar.

Dalam talkshow yang dibuat olehnya dan tim, mereka pun berhasil menggandeng narasumber-narasumber ternama dan memiliki kredibilitas tinggi dalam dunia masing-masing. Kesuksesan dalam membuat berbagai acara ini pun bisa kamu lihat dari intensnya jadwal talkshow yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Meskipun sukses mendirikan berbagai event di Indonesia, tentu saja hambatan serta kesulitan pernah diperoleh oleh Putri dan juga tim dari Creativepreneur Event Creator. Dalam sebuah tim yang ia pimpin juga terdiri dari berbagai kalangan. Beberapa ada yang memiliki usia di atas wanita cantik ini. Akan tetapi, tak sedikit pula yang memiliki usia muda. Meskipun begitu, bagi Putri dan tim, semua hambatan dan permasalah pasti dapat dilewati. Ia pun dianggap mampu untuk memimpin puluhan karyawannya.

Salah satu karyanya dalam gerakan ini adalah film pendek Kinetik yang disutradarai oleh gadis berjiwa sosial ini, yang menampilkan seniman muda Indonesia. Menggunakan media Youtube dalam publikasi, film pendek ini menceritakan tentang remaja muda perkotaan yang tergerak untuk menghidupkan kembali sekolah jalanan.

Menyadari pentingnya media dalam bisnisnya, serta besarnya pengaruh media bagi kaum muda, dia saat ini belajar dalam program Komunikasi Multimedia di Akademi Seni, salah satu lembaga terbaik di San Francisco, AS, yang juga diwakili oleh SUN Education.

Sumber:

Putri Indahsari Tanjung menjadi satu dari tujuh orang dari kalangan milenial yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi staf khusus. Perempuan berusia 23 tahun ini merupakan pengusaha muda yang bergerak dalam bidang agensi kreatif. Nama keluarga Tanjung bukanlah nama asing dalam lingkaran pengusaha di Indonesia. Putri adalah anak dari Chairul Tanjung, baron media lewat konglomerasi CT Corp.

Putri Tanjung merupakan lulusan Academy of Art University di San Francisco, California, ini dipilih Jokowi dalam kapasitasnya sebagai pendiri Creativepreneur Event Creator. Dalam laman website, Putri Indahsari mendirikan Creativepreneur saat berusia 17 tahun, yang kemudian berkembang sebagai salah satunya “agensi kreatif bagi perusahaan di Indonesia yang ingin merambah pasar milenial.” Ketika terpilih menjadi Staf Khusus Jokowi, Putri Tanjung menjawab keraguan terkait dengan nama pemilik CT Corp yaitu Chairul Tanjung yang merupakan ayah kandung Putri.

Putri juga menyebut dirinya sebagai Chief Business Officer dari Kreavi, yaitu platform kreatif yang mewadahi 55 ribu creative creators. “Bayangkan banyak sekali dan kita alhamdulilah sudah bantu juga UMKM untuk repackage produk mereka, mengajarkan mereka tentang branding dan kreatif,” ungkap Putri. Ia yakin potensi ekonomi kreatif di Indonesia sangat luar biasa. "Apalagi di era digital ini, itu lah kita dibutuhkan anak anak muda.

Putri termasuk dalam staff khusus ke-Presidenan yang beranggotakan 7 orang. Ketujuh Staf Khusus Presiden dari kalangan milenial adalah sebagai berikut. Adamas Belva Syah Devara. Pria berusia 29 tahun ini meraih gelar master dari Harvard University dan Stanford University. Ia merupakan pendiri sekaligus CEO Ruang Guru. Putri Indahsari Tanjung, Putri merupakan lulusan Academy of Art di San Fransisco, Amerika Serikat. Putri juga merupakan CEO Creativepreneur Event Creator dan CBO Kreavi. Andi Taufan Garuda Putra Andi yang berusia 32 tahun merupakan lulusan Harvard Kennedy School dan merupakan CEO salah satu lembaga keuangan mikro PT Amartha. Ayu Kartika Dewi Wanita berusia 36 tahun ini adalah pendiri sekaligus mentor lembaga SabangMerauke. Ia meraih gelar MBA dari Duke University di Amerika Serikat. Gracia Billy Mambrasar, CEO Kitong Bisa yang berasal dari tanah Papua. Pria berusia 31 tersebut adalah lususan S2 Australian National University (ANU) dan kini tengah menempuh pendidikan master lainnya di Oxford University. Angkie Yudistia, perempuan berusia 32 tahun ini adalah anak muda penyandang disabilitas yang aktif bergerak di sosiopreneur melalui Thisable Enterprise yang didirikannya. Presiden Jokowi meminta Angkie untuk menjadi juru bicara Presiden di bidang sosial. Aminuddin Maruf Aminuddin merupakan santri muda berusia 33 tahun. Ia pernah menjadi Ketua Umum PB Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) periode 2014-2016.

Ringkasan

https://tirto.id/biografi-putri-indahsari-tanjung-pengusaha-muda-staf-khusus-jokowi-el76

Putri Tanjung merupakan putri pertama dari salah satu konglomerat sukses di Indonesia bernama Chairul Tanjung. Meski terlahir sebagai orang yang sangat berkecukupan, Putri Tanjung tidak selalu bergantung kepada Ayahnya.

Seperti halnya dalam membuat usaha. Putri mengaku sejak di bangku sekolah bahwa ia tertarik dalam dunia event.

Akan tetapi dalam bidang usaha, Putri tidak meminta modal sama sekali kepada Ayahnya. Dirinya berusaha mandiri dan mengumpulkan uang dari dana usaha dan bekerja ke sana sini.

Baru baru ini, Putri Tanjung dikabarkan mempunyai kekasih baru bernama Ojido Stevanus. Banyak penggemar yang turut senang akan kehadiran dua sejoli ini.

Ojido pun diketahui mempunyai kepintaran yang luar biasa karena dapat bersekolah di Amerika Serikat.

Biodata & Profil Putri Tanjung

Nama Lengkap: Putri Indahsari Tanjung

Nama Panggung: Putri Tanjung

Nama panggilan: Putri

Tempat Tanggal Lahir: Jakarta, 22 September 1996

Kewarganegaraan: Indonesia

Agama: Islam

Tahun Aktif: – sekarang

Profesi: Pengusaha

Akun Instagram: @putri_tanjung

Fakta-Fakta Unik Putri Tanjung

Putri Tanjung mempunyai usaha sendiri sebagai event organizer bernama CreativePreneur Event

Putri Tanjung menyadari bahwa ia tidak jago matematika maka ia memulai karir usaha di bidang event

Putri mengaku kerap mendapat penolakan saat mempresentasikan proposal acara besarnya di usia 17 tahun. Putri tau bahwa ia harus selalu berusaha dan tidak menyerah.

Menurut Gofar Hilman, mantan kekasih Putri Tanjung, Putri seringkali lupa bahwa ia adalah orang kaya karena Putri lebih sering berusaha sendiri daripada bergantung pada Ayahnya

Menurut Putri, jika ia mendapat segala sesuatu serba gampang, ia tak bisa mengetahui potensi diri dan tak bisa bangga dengan diri sendiri.

Putri banyak menjadi panutan anak muda untuk menjadi pengusaha yang sukses tanpa bergantung pada orangtua

Putri akrab dengan Vidi Aldiano dan sering berlibur dengan Vidi dan teman-temannya, mereka tergabung dalam krowd.id, sebuat platform bagi kreator muda di Indonesia.

Putri Tanjung menjadi salah satu anak muda inspirasional karena berusaha tanpa modal dari Ayahnya, Chairul Tanjung.

Ia berharap usahanya akan lebih banyak dan sukses membuat anak muda mandiri untuk berusaha dalam berkarir.