Putri Balian dan Si Pahit Lidah

image

Goa Putri adalah sebuah gua di Sumatera Selatan yang terkenal karena keindahan stalaktit dan stalakmit di dalamnya. Gua ini dinamakan Goa Putri karena berkaitan dengan cerita rakyat tentang Putri Balian dan Si Pahit Lidah. Bagaimanakah legendanya? Apakah benar terjadi?

Konon dulunya gua tersebut adalah desa. Di sana mengalir Sungai Semuhun, ( yang sekarang mengalir di dalam gua dan bermuara di sungai Ogan ). Suatu hari Putri Balian mandi di sana. Lalu lewatlah Pangeran Serunting alias Si Pahit Lidah, pengembara sakti yang segala ucapannya berubah menjadi sabda.

Si Pahit Lidah menyapa sang putri tetapi tak dipedulikan. Tanpa sadar ia menggumam, Sombong sekali putri ini, diam saja seperti batu. Ternyata ucapan itu berubah jadi kutukan dan Putri Balian berubah menjadi batu. Si Pahit Lidah lalu meneruskan perjalanannya. Lalu ia sampai di desa tempat tinggal Putri Balian. Ia heran mendapati desa yang begitu sepi. Katanya ini desa, tapi tak ada orangnya, seperti gua batu saja, gumam Si Pahit Lidah. Lalu desa itu pun berubah jadi gua batu.

sumber