Punya Rumah Dulu atau Mobil Dulu, Kalian Team Apa?

mobil depan rumah

Bagi sebagian orang menentukan prioritas akan kemana larinya uang telah dihasilkan tidaklah semudah yang dibayangkan. Terlebih jika dihadapkan dengan pilihan apakah membeli rumah terlebih dahulu atau membeli mobil?. Banyak pertimbangan bergantung pada kondisi yang tengah dialami setiap insan yang mengalami.
Mobil sebagai kendaraan pribadi tentunya dibutuhkan sebagai akses untuk menjangkau tempat bekerja, selain itu bisa juga dijadikan pekerjaan sampingan untuk menjadi driver online. Sedangkan rumah jika dilihat dari harganya yang terus naik bahkan melampaui laju inflasi, dianggap dapat dijadikan aset dalam investasi, bagi sebagian orang menunda membeli rumah akan membuat dirinya semakin sulit di kemudian hari. Berbeda dengan mobil yang harganya lambat laun akan turun jika ada series terbaru yang muncul.

Lantas, mana yang sebaiknya didahulukan? Rumahkah atau mobil?
Komen dibawahnyaa versi kallian seperti apaa!!

Kalau saya sendiri lebih memilih rumah dahulu, seperti yang kak @dindapitaloka19 katakan:

Sekarang banyak jual mobil bekas bertebaran dengan harga yang terjangkau, tapi apakah rumah bekas harganya akan semakin murah, tentu tidak. Rumah akan selalu naik harganya begitu juga dengan properti lainnya, ruko, apartemen, tanah sekalipun. Saya lebih melihat dari sisi investasinya, jika memang nantinya saya ada pekerjaan di luar kota sehingga rumah tidak ditempati, bisa saja manfaatkan rumah itu untuk disewa bulanan atau bahkan tahunan yang positifnya menjadi penghasilan pasif saya.

Apabila terdapat pertanyaan tentang membeli rumah atau mobil dahulu? Saya lebih baik membeli rumah terlebih dahulu. Karena rumah merupakan investasi jangka panjang dimana harga rumah akan naik secara terus menerus dari tahun ke tahun. Apalagi saya ingin mempunyai rumah didaerah kota tepatnya di Surabaya Barat yang dimana rumah pada daerah kota harganya 2 kali lipat daripada rumah yang ada di desa. Mobil merupakan alat transportasi yang bisa digunakan oleh beberapa orang. Transportasi salah satunya seperti mobil apabila digunakan secara terus menerus dari tahun ke tahun untuk nilai jualnya pun akan menurun. Maka lebih baik membeli rumah/tanah terlebih dahulu dibandingkan alat transportasi.

Saya pribadi lebih memilih untuk membeli rumah terlebih dahulu, karena menurut saya tempat tinggal milik sendiri lebih penting. Apalagi jika kita tinggal di Ibukota. Untuk urusan kendaraan, itu bisa dilakukan setelah kita memiliki rumah pribadi.

Kalau aku jelas akan memilih membeli rumah dulu. Orang tuaku juga selalu memberi wejangan bahwa jika aku sudah mendapat pekerjaan / ada uang, lebih baik ditabung untuk membeli rumah. Meskipun tidak luas dan tidak di perumahan sekalipun juga tidak apa-apa. Selain itu, rumah termasuk ke dalam kebutuhan primer (pokok) yang dibutuhkan oleh manusia.

saya pribadi tentu saja memilih rumah karena ga bisa mengendarai mobil hehe. Selain itu, seperti yang kita tahu bahwa rumah adalah salah satu kebutuhan primer yaitu sebagai tempat berlindung. Tetapi kalau membeli mobil untuk usaha seperti seperti menjadi supir atau rental, itu tidak masalah jika membeli mobil lebih dulu dibanding rumah.

Kalau saya pribadi lebih memilih untuk membeli rumah terlebih dahulu. Karena untuk berkendara saya lebih memilih kendaraan umum atau ojek karena menurut saya lebih praktis. Kemungkinan kendaraan pribadi bisa dimiliki setelah punya rumah.

Saya pribadi akan memilih untuk membeli rumah dahulu karena itu merupakan investasi jangka panjang sebagaimana yang dikatakan oleh teman-teman di atas. Harga jual rumah juga semakin meningkat tiap tahunnya ketimbang kendaraan yang jika dibeli akan semakin menurun harga jualnya. Mobil dapat menyusul nantinya karena kebutuhan transportasi tergantung kepada individu masing-masing.

Menentukan prioritas finansial bagi sebagian orang kadangkala tidak semudah bayangan. Ketika masih lajang, pertimbangan finansial mungkin masih tidak terlalu rumit. Maklum, saat masih lajang, tanggung jawab dan tanggungan masih relatif sedikit. Tuntutan kebutuhan juga belum banyak.

Sebaliknya, ketika sudah menikah, secara alamiah tuntutan kebutuhan pun semakin banyak. Ada pasangan yang perlu dipikirkan kesejahteraannya. Lebih-lebih ketika kelak lahir sang buah hati. Pasangan muda tidak bisa lagi berjalan sendiri-sendiri dalam mengelola keuangannya. Mau tidak mau, Anda dan pasangan perlu memikirkan strategi pengelolaan keuangan bersama.

Rumah maupun mobil keduanya adalah hal yang penting untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tapi ya benar bahwa kembali ke kebutuhan yang dapat di prioritaskan atau yang dirasa lebih penting.
Untukku, aku lebih memilih untuk memiliki rumah terlebih dahulu. Agar dapat mandiri dalam mengurus rumah (apalagi jika ke depannya sudah berumah tangga, jadi terlepas dr orangtua dan mertua dalam mengurus rumah. Benar-benar belajar mandiri, bukan utk menghindar dr ortu), lalu harga rumah yang terus menaik sehingga jika ada rejekinya dahulukan dulu membeli rumah, rumahpun bisa menjadi investasi kedepan. Untuk kendaraan masih bisa menggunakan motor, ojol, maupun kendaraan umum lainnya, yang jika dilihat dari biaya akan lebih murah (misal dalam pengeluaran perbulan) dibandingkan dengan sewa rumah.

Kalau saya sendiri lebih memilih untuk memiliki rumah terlebih dahulu ketimbang memiliki mobil terlebih dahulu. Memiliki rumah adalah sebuah bentuk investasi jangka panjang yang menguntungkan di zaman sekarang ketimbang memiliki mobil. Saya sangat setuju dengan pendapat dari @satrioadil mengenai harga rumah dan properti yang akan terus meningkat dari tahun ke tahun ketimbang memiliki mobil yang nilai jualnya akan terus menurun seiring waktu ditambah dengan seberapa lama pemakaiannya. hal yang sangat berbanding terbalik. Selain itu, jika mengacu kepada beberapa artis dan piblic figure tanah air yang yang memiliki uang lebih dan menginvestasikannya dalam bentuk rumah atau kontrakan yang dapat di sewakan tentu akan membuat kita mendapatkan income pasif yang lebih dari investasi pembelian properti yang kita lakukan.

Prospek dari mobil sendiri menurut saya juga kurang menguntungkan. okelah, saya setuju dengan pendapat di deskripsi mengenai mobil yang dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan pekerjaan sampingan seperti driver online. tetapi sifatnya pun juga menyesuaikan dengan keadaan, karena di keadaan pandemi seperti ini misalnya, tentu tidak banyak orderan yang datang dan juga driver online pun juga pilih - pilih dalam mengangkut penumpang tergantung seberapa jauh destinasinya. semakin jauh destinasi maka makin mahal tarifnya, tetapi sebagaian besar pengemudi online menghindari destinasi yang jauh karena sudah pasti akan keluar biaya lagi di bensin dan lain sebagainya.

Selain dari segi investasi yang cukup menguntungkan, memiliki rumah merupakan kebutuhan primer sebagai tempat tinggal dan bernaung. sementara memiliki mobil adalah kebutuhan sekunder atau bahkan tersier yang pemenuhannya bisa dilakukan kapan saja. tetapi memiliki rumah itu sekali lagi merupakan kebutuhan primer selain makanan dan pakaian.

Saya pribadi akan membeli rumah terlebih dahulu, karena rumah itu kebutuhan primer sebagai seorang manusia yang harus dipenuhi. Selain itu, rumah merupakan investasi untuk masa depan, karena harga rumah akan terus naik. Berbeda dengan mobil, mobil jika sudah pernah dipakai lalu dijual akan turun harganya, apalagi jika kondisi mobil tersebut sudah tidak sebagus pertama kali beli dan tahun keluarannya yang terbilang sudah lama, harganya akan merosot jauh.

Tentu saja rumah. Jika melihat tentang kebutuhan dasar manusia, Rumah merupakan kebutuhan primer untuk tempat berlindung bersama dengan makanan dan pakaian. Sedangkan mobil merupakan kebutuhan tersier atau kebutuhan yang bisa dipenuhi ketika kebutuhan primer dan sekunder telah terjamin. Selain itu, jika dilihat dari sisi investasi rumah memang lebih menjanjikan karena harga tanah bisa naik setiap tahunnya dan berbeda dengan mobil. Jadi, menurut saya memiliki rumah terlebih dahulu sangatlah penting. Ketika sudah memiliki rumah, anda bisa melakukan dan merencanakan segala sesuatu dengan lebih nyaman.

Saya sendiri lebih mendahulukan rumah karena rumah adalah segalanya tempat kita beristirahat dll, dan rumah juga bisa dibuat untuk investasi dimasa depan karena yang harganya terus naik, dan rumah misalnya belom ditempati bisa dikontrakkan atau disewakan. Jika mobil semakin hari semakin turun misalnya kita membeli mobil kemudian setelah dipakai satu tahun akan kita jual nah harga mobil tersebut sudah turun sehingga tidak dapat di buat investasi.

saya pribadi adalah tim punya rumah terlebih dahuu. karena, menurut saya dengan membeli rumah terlebih dahulu lebih penting ketimbang membeli mobil terlebih dahulu. namun, tidak salah jika membeli mobil dahulu, jika harga mobil tersebut relatif murah dan tidak terlalu menguras dompet. namun tetap saja menurut saya pribadi saya lebih baik menabung terlebih dahulu untuk membeli rumah

Saya pribadi lebih memilih untuk memiliki rumah dulu sebelum memiliki mobil.

Selain hal ini, alasan saya lebih memilih rumah dibandingkan mobil adalah karena mobil dapat disubstitusi dengan kendaraan atau transportasi lain yang lebih terjangkau sesuai dengan kebutuhan dan keadaan. Tidak punya mobil, masih ada sepeda motor, ojek online dan moda transportasi lainnya. Jika tidak memiliki rumah? Hehe. Mobil setiap bulannya membutuhkan biaya perawatan untuk service, pajak dan lain sebagainya namun harga jualnya tiap tahun menurun. Sedangkan, harga rumah dan tanah setiap tahunnya (atau bahkan bulan?) naik. Saya rasa akan lebih baik untuk menginvestasikan uang rumah dulu.