Puncak gunung manakah yang paling jauh dari pusat bumi?

gunung

Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Encyclopedia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung.

Sebuah gunung biasanya terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik atau gerakan epeirogenik. Pegunungan merupakan kumpulan atau barisan gunung.

Banyak yang mengira jawabannya adalah Gunung Everest. Sebenarnya, puncak Chimborazo di Ekuador menjadi yang terjauh dari pusat bumi. Mengapa?

everest

Dengan puncak ketinggian 6.268 meter dari atas permukaan laut, Chimborazo adalah gunung tertinggi di Ekuador. Ini adalah puncak tertinggi di dekat khatulistiwa.

Puncak Chimborazo di Ekuador adalah 2.168 meter lebih jauh dari pusat bumi, yaitu sekitar 6.384,4 km atau 3.967,1 mil. Puncak gunung ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan Puncak Gunung Everest yaitu 6.382,3 km atau 3.965,8 mil jika diukur dari pusat bumi. Bumi seperti tonjolan di Khatulistiwa. Walaupun Chimborazo memiliki puncak ketinggian 6.268 meter di atas permukaan laut dibandingkan Gunung Everest 8.848 meter.

chimborazo

Bumi benar-benar menonjol di khatulistiwa karena terus berputar. Chimborazo adalah stratovolcano aktif saat ini terletak di kisaran Occidental the Cordillera dari Wilayah Pegunungan Andes. Terakhir letusan diketahui diyakini telah terjadi sekitar di masa ribuan tahun yang lalu.

Sementara Chimborazo bukanlah gunung tertinggi jika diukur di atas permukaan laut, lokasi di sepanjang tonjolan khatulistiwa membuat titik puncaknya tertinggi di permukaan bumi jika diukur dari pusat bumi.

References

https://aura-ilmu.com/gunung-tertinggi-di-dunia/