Pumapunku dan Tiwanaku: rereuntuhan megalitik yang sangat misterius

image

Puma Punku merupakan salah satu dari empat aransemen struktural misterius di kota Pre-Inca kuno Tiwanaku di Amerika Selatan. Usia reruntuhan megalitik ini masih sangat kontroversial karena mereka telah digeser, digali, dan dijarah sejak mereka ditemukan dan dengan demikian, para ahli mengatakan mereka telah tercemar sehingga sulit untuk diidentifikasi. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai situs ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, konon terdapat sebuah bahwa situs ini lebih tua dari piramida, dengan klaim hingga 15 ribu tahun. Bahkan suku Inca pun tidak tahu sejarah mengenai situs ini. Batu-batu besar yang digunakan dalam konstruksi, tidak ada tanda-tanda pahat dan dipotong dengan sangat halus untuk saling menyambung satu dengan yang lain.

Banyak batu-batu tersebut telah dipotong begitu presisi dan menunjukkan para pembangun jelas memiliki pengetahuan yang sangat canggih mengenai pemotongan batu, teknik dan geometri pada saat itu. Kota ini juga memiliki sistem irigasi dan mekanisme hidrolik yang sangat canggih. Dengan tidak ada catatan dari penduduknya atau metode mereka, teknologi dan proses yang digunakan selama konstruksi tetap menjadi misteri besar bagi para ahli.

Video mengenai Pumapunku: