Pulau Terluar Indonesia: Jarang Dilirik, tapi Pesonanya Mendunia

Alor, Nusa Tenggara Timur

image

Keindahan Indonesia Timur memang tak ada habisnya. Selain Labuan Bajo dan Raja Ampat yang belakangan naik daun, ada Alor yang tak kalah menawan. Pulau ini letaknya berada di sebelah Flores dan Lembata.

Keberadaannya menjadi punggawa timur di NTT. Ikan-ikanan dan rumput laut menjadi komoditas utamanya. Pulau ini memiliki bentang alam yang sangat indah. Pantai-pantainya perawan, pasirnya putih, dan wisata bawah lautnya tak kalah cantik.

Wilayahnya terbagi atas pulau-pulau kecil. Untuk menuju satu pulau ke pulau lain, kamu bisa naik kapal kecil-kecil. Sayangnya, untuk menuju ke sana perlu cukup perjuangan. Sebab, tak banyak pesawat mendarat di pulau itu.

Maskapai yang tersedia pun yang kecil-kecil. Kalau cuaca buruk, penerbangan dibatalkan. Namun, kalau sudah di tempat ini, rasanya semua perjuangan terbayar.

Kisar, Selat Wetar, Perbatasan Timor Leste

image

Lokasinya di Selat Wetar, berbatasan langsung dengan Timor Leste. Secara administratif, Kisar merupakan bagian dari Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. Panorama laut dan pasir putih yang menawan menyihir pandangan kita.

Meski berada di wilayah kepulauan, Kisar tak kekurangan komoditas pangan. Penduduk di sana mayoritas bercocok tanam dengan hasil kacang-kacangan, buah-buahan, dan sebagainya,

Selain itu, ada pula lemon yang jadi andalan dan dijadikan oleh-oleh. Pulau ini sungguh unik lantaran dikelilingi bukit. Tak heran kalau wilayah tersebut sering dijuluki tanah permata.

Untuk menuju pulau ini, kamu bisa menaiki pesawat model Cassa 212 berkapasitas 18 orang. Bandara yag terdapat di sana tergolong landasan pacu yang cukup kecil, yakni hanya 800 meter.

Rondo

image

Pulau ini sering disebut sebagai penjaga Indonesia lantaran berada di wilayah paling utara di Tanah Air. Letaknya berbatasan langsung dengan India, juga masih jauh berada di utara Pulau Weh. Bisa dibilang, Rondo merupakan titik 0-nya Indonesia.

Namun, lantaran keterbatasan akses, titik 0 dipindahkan ke Sabang. Di pulau itu banyak jejak TNI, karena memang dijaga ketat. Bila ke sana, kita akan merasakan atmosfer yang misterius.

Kabarnya, pulau ini seringkali disambangi ular. Namun, kengerian itu tak sebanding dengan panorama yang ditawarkan. Laut lepas yang biru dapat dinikmati dari sana. Pun, seakan laut itu menjadi milik sendiri.

Di Liran, Perbatasan Timor Leste.Pulau ini berbatasan langsung dengan Timor Leste. Letaknya di Selat Wetar, termasuk Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. Pulau Liran digambarkan memiliki tugu perbatasan. Tugu ini menandai batas wilayah yang jelas antar negara.

Tugu tersebut letaknya di bukit, di barat pulau. Soal panorama, tak usah ditanya lagi. Selayaknya pulau-pulau terluar lainnya, Liran memiliki panorama yang memesona. Ada mercusuar yang membuat pemandangan terkesan dramatis. Lautnya pun biru, seperti tak pernah terjamah siapa pun.