Pulau Mantehage, Sebuah Keindahan Tak Biasa dari Manado

image

Wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Utara seringkali hanya mengeksplor keindahan di sekitar Manado atau Bunaken, yang memang terkenal dengan kekayaan bawah lautnya. Namun selain itu, kawasan ini ternyata masih punya banyak pesona yang luar biasa. Salah satunya adalah Pulau Mantehage.

Pulau Mantehage merupakan salah satu pulau yang ada di kawasan terluar Sulawesi Utara. Jaraknya hanya sekitar 1,5 jam dari pusat kota Manado. Berbeda dengan Bunaken, Mantehage memiliki bentuk pulau yang datar dan landai. Apa yang membuat Mantehage menawarkan keindahan tak biasa dibanding wisata alam lainnya di Manado?

1. Terdapat banyak mangrove

Di sekitaran Pulau Mantehage terdapat banyak hutan bakau. Jika dihitung-hitung, luasnya mungkin hampir sama dengan wilayah daratnya. Tak heran jika belakangan ini pemerintah setempat tengah getol mengembangkan konsep ekowisata di sana.

Dengan menggunakan kapal sewaan, pengunjung akan diajak menikmati suasana alami di sekitar wilayah hutan bakau. Perjalanan akan terasa lebih indah di sore hari. Jika beruntung akan ada pemandangan matahari terbenam yang luar biasa.

2. Satwa liar eksotis

Pulau Mantehage termasuk dalam kawasan Taman Nasional Laut Bunaken. Maka tidak mengejutkan jika pengunjung akan bisa menemukan banyak satwa eksotis di sini. Semuanya bisa dilihat berkeliaran secara bebas di habitat aslinya.

Salah satunya adalah kus-kus khas Sulawesi. Selain itu masih ada burung langka seperti Pekaka Bua-bua dan Raja Udang. Burung yang disebut pertama konon memiliki suara yang amat khas.

image

3. Tarsius

Hewan unik lain yang juga bisa dijumpai di kawasan Pulau Mantehage adalah tarsius. Satwa satu ini dikenal pemalu dan sulit ditemui karena lebih banyak aktif di malam hari. Begitu matahari terbenam, pengunjung akan bisa dengan mudah mendengarkan suara tarsius saling bersahutan di kawasan hutan.

Dari kejauhan, Tarsius memiliki bentuk yang cukup lucu. Hewan ini punya badan berbentuk kecil dan bola mata relatif besar jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. Satwa ini bahkan biasanya juga ada yang berkeliaran hingga ke perkebunan warga.

4. Spot diving

Mantehage juga menawarkan sejumlah spot menyelam yang bakal memanjakan pecinta wisata bahari. Perairan yang ada di sini tidak kalah indahnya dengan yang ada di Bunaken. Bahkan ada beberapa spesies ikan langkah bisa ditemui berenang dengan bebasnya.