Puasa Senin Kamis Bantu Turunkan Berat Badan

Puasa sudah dikenal dalam berbagai kebudayaan dan agama. Karena itulah, banyak peneliti kemudian tertarik untuk membuktikan manfaat dari puasa tersebut.

University of Surrey, Inggris telah melakukan penelitan terkait puasa dan menunjukkan bahwa puasa senin kamis memiliki banyak manfaat kesehatan selain menurunkan berat badan. Untuk mendapat temuan tersebut, para peneliti merekrut 27 peserta yang mengalami obesitas. Para peserta dibagi menjadi 2 kelompok dengan target menurunkan berat badan 5 persen.

Kelompok pertama melakukan diet 5:2 atau mirip dengan puasa Senin dan Kamis. Sedangkan kelompok kedua melakukan diet pembatasan kalori (dalam sehari hanya boleh mengonsumsi 600 kalori).

Pada puasa tersebut, para peserta mengikuti makan normal selama 5 hari dan membatasi kalori pada 2 hari puasa, yaitu sekitar 600 kalori. Pada 5 hari tanpa puasa, peserta mengonsumsi sekitar 1.400 hingga 1.900 kalori. Tidak semua peserta mampu menyelesaikan diet tersebut. Namun, hasilnya menunjukkan kelompok pertama mampu menurunkan 5 persen berat badan dalam 59 hari.

Sedangkan pada kelompok kedua mampu menurunkan berat badan setelah 73 hari. Para peneliti juga melihat efek puasa tersebut pada kemampuan metabolisme lemak dan glukosa setelah makan. Dari hasil pengamatan tersebut pada kelompok pertama terlihat pembersihan lemak (trigliserida) dalam darah. Para peneliti juga menemukan bahwa tekanan darah sistolik (tekanan darah atas) berkurang sebesar 9 persen dengan pola makan 5:2.

Sumber : Temuan Baru: Puasa Senin Kamis Bantu Turunkan Berat Badan