Ptah: Patung kematian dan kelahiran

Ptah merupakan dewa pengrajin dan pematung. Sebenarnya, para seniman zaman Mesir kuno menciptakan patung Ptah untuk disembah di sebuah kuil di Karnak. Selama bertahun-tahun, dewa kapur besar itu menikmati makanan, dicuci, dan beraroma wangi. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai patung ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, pada tahun 2014, sebuah lubang semacam sumur ditemukan di samping kuil. Di dalamnya terdapat patung Ptah dan juga beberapa pahatan kucing, sphinx, babon patung dan Dewa Osiris dan Dewa Mut. Mereka tidak dibuang kedalam dalam lubang tetapi oleh orang Mesir kuno menyebutnya sebagai “mati.”

Dengan demikian, patung Ptah menerima penguburan yang tepat. “Kehidupannya” berakhir sekitar 2.000 tahun yang lalu setelah terlalu rusak untuk digunakan. Para peneliti merasa ada tujuan tertentu untuk mengatur makam Ptah seperti yang disebutkan sebelumnya. Para pendeta memasukkan patung sphinx sebagai perlindungan dan kelimpahan, sementara patung Dewa Osiris untuk kelahiran kembali Dewa Ptah.

Referensi: https://science.idntimes.com