Proses Produksi Keramik


Beberapa tahapan proses yang dilakukan dalam produksi keramik adalah sebagai berikut:

1. Pengolahan Bahan

Tujuan pengolahan bahan ini adalah untuk mengolah bahan baku dari berbagai material yang belum siap pakai menjadi badan keramik plastis yang telah siap pakai. Pengolahan bahan dapat dilakukan dengan metode basah maupun kering, dengan cara manual ataupun masinal. Didalam pengolahan bahan ini ada proses-proses tertentu yang harus dilakukan antara lain pengurangan ukuran butir, penyaringan, pencampuran, pengadukan (mixing), dan pengurangan kadar air.

2. Pembentukan

Pembentukan adalah proses mengubah bongkahan badan tanah liat plastis menjadi benda-benda yang dikehendaki. Tiga teknik utama yang umum digunakan dalam pembentukan keramik adalah pembentukan tangan langsung, teknik putar, dan teknik cetak.

3. Pengeringan

Setelah benda keramik selesai dibentuk, maka tahap selanjutnya adalah pengeringan. Tujuan utama dari tahap ini adalah untuk menghilangkan air plastis yang terikat pada badan keramik.

4. Pembakaran

Pembakaran merupakan inti dari pembuatan keramik dimana proses ini mengubah massa yang rapuh menjadi massa yang padat, keras, dan kuat. Pembakaran dilakukan dalam sebuah tungku (furnace) suhu tinggi. Ada beberapa parameter yang mempengaruhi hasil pembakaran: suhu sintering (matang), atmosfer tungku dan mineral yang terlibat.

5. Pengglasiran

Pengglasiran merupakan tahap yang dilakukan sebelum dilakukan pembakaran glasir. Benda keramik biskuit dilapisi glasir dengan cara dicelup, dituang, disemprot, atau dikuas. Untuk benda-benda kecil-sedang pelapisan glasir dilakukan dengan cara dicelup dan dituang; untuk benda-benda yang besar pelapisan dilakukan dengan penyemprotan. Fungsi glasir pada produk keramik adalah untuk menambah keindahan, supaya lebih kedap air, dan menambahkan efek-efek tertentu sesuai keinginan.

Referensi:

https://www.researchgate.net/publication/227691329_Ceramic_production_provenance_and_use_-_A_review

1 Like

Saya ingin bertanya mengenai mekanisme dari sintering dengan cara pembakaran, sehingga dapat menghasilkan keramik yang padat dan keras? Selain itu, apa yang dimaksud dengan glasir? Terima kasih.

Sedikit menambahkan informasi, Keramik merupakan paduan logam yang terikat secara ionik dan kovalen. Berdasarkan fungsinya keramik dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu:

  1. Keramik tradisional, yaitu: keramik yang banyak digunakan untuk produk-produk yang sederhana, seperti: bahan-bahan abrasif refraktori (tahan panas), gelas, porselin dan bahan bangunan seperti beton, lantai dal lainlain.
  2. Keramik modern, penggunaannya pada teknologi canggih atau alat-alat teknik. Keramik modern memiliki sifat-sifat listrik, sifat mekanik, dam sifat termal yang baik, sehingga digunakan untuk teknologi canggih.

Keunggulan keramik dibanding logam sebagaibahan industri antara lain tidak korosif, ringan, keras, kuat, dan stabil pada suhu tinggi. Keramik pada awalnya diproduksi secara tradisional dari mineral alam, namun sekarang kegunaan keramik bermacam-macam fungsinya, dahulu hanya digunakan sebagai barang pecah belah, gerabah, namun sekarang telah menjadi industri yang cukup besar dengan aplikasi kegunaan seperti keramik porselin sebagai salah satu bahan isolator listrik, peralatan pabrik dan lain sebagainya.

Dalam bidang keramik Modern potensi dan peluang-peluang industri sangat luas sekali, bidang ini juga sangat terbuka luas untuk dipelajari. Pengembangan pembangunan dalam bidang keramik ini antara lain :

Keramik struktur/teknik

Ø Untuk pemrosesan temperatur tinggi, sel bahan bakar, penukar kalor

Ø Gigi palsu

Ø Konkrit berqualiti tinggi

Ø Mesin yang effisien

Ø Lapisan penahan keausan (wear resistance coating)

Komposit

Ø Turbin angin, struktur ringan (kipas helicopter)

Ø Bahan pembangunan bersekat

Ø Kenderaan tentera berstruktur ringan

Ø Kapal udara dan mobil-mobil ringan

Keramik bio (bioceramic)

Ø Penyambung tulang (hip joint)

Ø Gigi palsu

Ø Sensor bio elektronik

Bahan elektronik

Ø Konversi photo voltan

Ø Sensor bahan berbahaya/beracun

Ø IC,Substrat, kapasitor

Ø Sistem jalan raya “Intelligent”

Bahan magnetic

Ø Magnet kekuatan tinggi

Ø Magnetic resonance imaging

Ø Hard disc magnetic storage

Ø Kenderaan listrik

Bahan super konduktor

Ø Penyimpan dan pemancar power

Ø Diagnostic imaging of human body

Ø Super komputer

Bahan optik/photonik

Ø Sensor/kontrol pergantian power

Ø Bio sensor

Ø Sistem laser

Ø Sensor traffik

Glasir merupakan material yang terdiri dari beberapa bahan tanah atau batuan silikat dimana bahan-bahan tersebut selama proses pembakaran akan melebur dan membentuk lapisan tipis seperti gelas yang melekat menjadi satu pada permukaan badan keramik.

Glasir merupakan kombinasi yang seimbang dari satu atau lebih oksida basa (Flux), Oksida Asam (Silika), dan Oksida Netral (Alumina), ketiga bahan tersebut merupakan bahan utama pembentuk glasir yang dapat disusun dengan berbagai kompoisisi untuk suhu kematangan glasir yang dikehendaki.