Proses Pembuatan Senar gitar

Proses Pembuatan Senar Gitar

Meskipun gitar memiliki umur yang relatif lebih muda dari banyak alat musik lainnya, namun kepopulerannya telah mengalahkan semua alat musik lain dan sekarang merupakan alat musik yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Gitar Akustik, gitar elektrik, dan banyaknya

gitar

jenis gitar lain telah bermunculan. Namun, meskipun bentuk gitar, bahan, dan komponen lainnya memiliki perbedaan, tetap ada satu persamaan, yaitu semua membutuhkan senar. Sama dengan jenis gitar yang bermacam-macam, jenis senar juga bermacam-macam. Namun, sebagian besar cara pembuatannya tetaplah sama.

Tahukah Anda proses pembuatan senar gitar?

Untuk senar jenis senar baja, pertama-tama, pembuat senar akan mengambil kabel baja tipis yang telah diproduksi sebelumnya. Kabel ini akan diperiksa ketebalannya hingga ke millimeter terkecilnya. Lalu, kabel akan dipastikan kualitasnya dengan menggunakan lensa khusus, yang kemudian akan dites kekuatan, ke-elastis-an, dan ketahanannya dengan ditarik menggunakan mesin khusus yang akan menarik dan memutar kabel hingga putus. Pada proses ini, ketahanan, ke-elastis-an, dan kekuatan kabel akan diketahui, sehingga mesin-mesin pada proses berikutnya dapat mengatur kekuatannya dengan lebih seksama agar kabel tidak putus pada proses-proses berikutnya.

Berikutnya, mesin lain akan membuat benda kecil dimana kabel akan diikatkan. Benda kecil ini biasanya berbentuk bulat dan terbuat dari tembaga, atau karet. Lalu dengan mesin lain, kabel akan diikatkan ke benda kecil tsb. Benda kecil ini berfungsi sebagai pengikat senar pada bridge gitar sehingga senar tidak lari, untuk itu, ikatan haruslah kuat.

Kemudian, mesin lain akan melapisi kabel baja dengan tembaga khusus. Lapisan ini terbuat dengan menggulung tembaga pada kabel baja. Proses ini diawasi dengan seksama oleh mesin tersebut agar kabel baja ataupun tembaganya tidak putus.

Sementara, untuk senar jenis nylon, seluruh proses yang digunakan sama, namun menggunakan nylon sebagai bahan utama yang dilapisi dengan tembaga berlapis perak.

Setelah senar selesai dibuat, senar akan digulung satu-satu oleh para pekerja, dan kemudian dimasukan ke dalam bungkus yang telah diisi oksigen. Oksigen akan menjaga keawetan senar, sehingga kualitas senar tidak menurun pada proses distribusi.

Sumber : ViTazVita, 30 December 2015: https://tazvita.wordpress.com/2015/12/30/proses-pembuatan-senar-gitar/