Proses pembuatan Product Roadmap

Mengunggah…
Pembuatan roadmap diperlukan untuk menentukan jalannya perusahaan dalam bertahun-tahun kedepan. Bagaimana proses pembuatan roadmap yang baik?

Pembuatan product roadmap dapat dilakukan dengan 3 langkah, secara garis besar, yakni :

  • Mengembangkan persona
    Persona dapat dilakukan untuk memahami kebutuhan pengguna, dimana pengembang bersikap seperti pengguna potensial bagi produknya. Hal ini dapat menambah hipotesa mengenai bagaimana produk digunakan dan persepsi pengguna terhadap produk.

  • Masukan dari pengguna dan calon pengguna
    Berbagai cara mendapat informasi harus dilakukan sebelum membuat product roadmap. Hal ini dilakukan untuk menentukan apa yang menjadi masalah, kebutuhan apa yang perlu dipenuhi dengan produk, apa yang dibenci dari produk sehingga pengembang mendapatkan pemahaman mendalam terhadap produk dan kekurangan kelebihannya menurut pengguna.

  • Menentukan visi produk
    Kapan, apa, bagaimana, siapa, dimana dan mengapa produk dibuat menjadi pertanyaan sendiri yang perlu dijawab oleh product manager.

Selain itu, lakukan perencanaan dengan 3 waktu, yakni sekarang, jangka pendek dan jangka panjang.

Jangan lupa jangan pernah memberikan langkah spesifik pada product roadmap, karena product roadmap seharusnya bersifat abstrak dan didefinisikan pada langkah-langkah selanjutnya.

sumber