Dengan melakukan proses riset pelanggan yang berkualitas maka riset tersebut juga akan menghasilkan hasil yang valid, akurat, andal, tepat waktu dan lengkap. Hasil tersebut maka dapat meningkatkan performa perusahaan dalam menggapai pelanggan potensial demi melancarkan kegiatan operasional perusahaan atau bahkan meningkatkan kualitas operasional perusahaan
Proses apa saja yang perusahaan harus tempuh demi mendapatkan hasil Customer Research yang maksimal?
- Tentukan tujuan
Perusahaan harus dapat menenttukan tujuan apa yang akan dicapai oleh research. Tujuan tersebut harus memiliki sifat SMART (Spesific, Measureable, Achiveable, Relevant, dan Time Bound). - Rencanakan research
Perencanaan research disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan dari perusahaan. Perusahaan akan menyesuaikan research dengan memilih metode yang paling cocok untuk diimplementasikan agar goal dapat tercapai dalam batasan yang dapat diterima perusahaan - Pengumpulan data
Gunakan metode yang telah ditentukan untuk melakukan pengumpulan data. Pengumpulan data harus dilakukan secara berurut sesuai langkah-langkah yang dibutuhkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar sifat data yang baik tidaklah hilang. Sifat data yang baik yaitu = Valid, akurat, reliable, timely, dan menyeluruh (mencangkup kebutuhan perusahaan) - Analisa data
Data yang telah dikumpulkan lalu dianalisa sesuai dengan metode analisa yang telah ditetapkan sebelumnya. Analisa dilakukan untuk membentuk hipotesa berdasarkan kondisi asli di dalam lingkungan pelanggan - Buat kesimpulan dan rekomendasi
Hasil dari analisa lalu disimpulkan sekaligus membentuk rekomendasi kepada perusahaan mengenai perilaku pelanggan di dalam penelitian
referensi :