Project apa yang cocok untuk seorang programmer pemula?

Sebagai seorang mahasiswa yang nantinya akan menggeluti bidang IT, termasuk programming. Maka diperlukan sebuah pengalaman yang mumpuni agar siap menghadapi dunia kerja sesudahnya. Lalu proyek-proyek apa yang dapat dilakukan programner pemula untuk menambah pengalamannya?

Setelah mempelajari dasar-dasar pemrograman di kelas, akan sangat berarti apabila ilmu-ilmu tersebut dapat diaplikasikan secara langsung. Mungkin dengan membuat proyek-proyek tertentu. Namun sebagai seorang pemula yang belum pernah menjalan sebuah proyek, terkadang seseorang sudah merasa minder duluan. Dan merasa bahwa pengalamannya masih kurang. Sekarang coba pikirkan, jika selamanya mereka akan berbicara seperti itu, lalu kapan pengalaman mereka bertambah?

Untuk itu berikut beberapa tips membuat proyek untuk programmer pemula.

  1. Membuat program berdasarkan masalah yang di hadapi sehari-hari

Terkadang seorang pemula berambisi untuk dapat secara otomatis menjadi seorang Bill Gates dengan menciptakan saingan untuk Windows. Pada kenyataannya, kemampuan programming-nya belumlah setajam milik Bill Gates dan sangat perlu untuk diasah dan dikembangkan lagi.

Untuk itu, tips pertama bagi pemula adalah membuat program untuk memecahkan masalah sehari-hari. Bisa dari masalah sendiri maupun masalah yang di hadapi oleh lingkungan sekitar. Tujuannya tak lain untuk mengasah kemampuan programming dan menambah pengalaman. Setelah kemampuan dan pengalamannya bertambah, baru seseorang dipersilahkan untuk menciptakan program dengan ide bombastis.

Jadi, sebelum mewujudkan mimpi untuk mengalah Bill Gates, yang perlu dilakukan oleh programmer manapun adalah berlatih, berlatih dan berlatih.Berlatih dapat dimulai dengan membuat program-program ringan yang menyelesaikan masalah di sekitar.

  1. Mengikuti pada coding jam

Dengan mengikuti kompetisi seseorang akan merasa tertantang untuk menjadi yang terbaik. Dan secara tidak langsung seseorang akan terus belajar dan mengasah kemampuannya agar menjadi yang terbaik. Untuk itu sesekali mengikuti kompetisi dapat mengasah kemampuan dan meningkatkannya.

Kompetisi yang dimaksud di sini bukanlah kompetisi yang sesungguhnya. Melainkan ajang untuk berbagi pengalaman, menambah wawasan, dan menambah teman dari berbagai belahan dunia. Ada banyak website yang menyediakan tempat untuk berkompetisi.pemrograman secara gratis.seperti https://code.google.com/codejam/ https://www.codechef.com/contests https://code.google.com/codejam/ dan masih banyak lagi.

Tujuan dari mengikuti kompetisi-kompetisi ini adalah mengasah kemampuan, saling berbagi ilmu, dan menambah teman


**Referensi: **
https://www.quora.com/What-projects-are-good-for-beginner-programmers

Setelah mempelajari dasar-dasar pemrograman, mulailah membuat program sendiri, untuk melanjutkan pembelajaran Anda. Pada titik tertentu, Anda harus berhenti melakukan latihan dan mulai membuat perangkat lunak nyata.Tapi apa yang harus Anda lakukan? Bila Anda seorang pemula, tidak selalu jelas apa yang mungkin dilakukan, apalagi apa yang bisa dicapai pada tingkat keterampilan Anda saat ini, bukan hanya terus berlatih dari materi dan salah satu cara paling efektif adalah membuat tangan Anda kotor dengan beberapa proyek sampingan Anda sendiri.

internet-dan-aplikasi-web-18-638

Menurut saya Proyek Awal Untuk Pemogram Pemula yaitu membuat sebuah Aplikasi Web/Seluler Sederhana yang merupakan teknologi yang digunakan hampir seluruh umat manusia dan dalam pembuatan Aplikasi tersebut tergantung dari Design dan Fungsi tersebut , maka dari itu untuk Pemogram Awal yaitu buatlah sebuah Aplikasi Web/Seluler Sederhana dengan cara atau langkah-langkah Mencari Ide, Periksa program lain yaitu, Apa yang dilakukan program tersebut? Apa saja yang bisa mereka tingkatkan pada program tersebut? Apa kekurangannya? Pertanyaan-pertanyaan ini bisa membantu Anda menemukan ide Anda sendiri, selanjutnya membuat Design Programnya, Membuat Prototipe dan gunakanlah Bahasa yang kalian telah pelajari. Aplikasi Web/Seluler juga sangat mudah jika ingin digunakan dengan membuka Browser atau link yang terdapat dalam aplikasi tersebut, beda dengan aplikasi Mobile yang harus di download memalui aplikasi PlayStore atau AppStore.

Pada akhirnya, tidak masalah apa proyek yang Anda buat. Selama Anda membuat sesuatu, Anda akan belajar.Yang penting adalah menemukan sebuah proyek yang memotivasi Anda. Jika menulis kode itu menyenangkan, maka Anda akan tetap menulis kode. Bereksperimenlah dengan beberapa jenis proyek untuk menemukan yang sesuai dengan Anda.

http://www.programmingforbeginnersbook.com/blog/what_should_i_make_beginner_programming_project_ideas/

PROJECT UNTUK PROGRAMMER PEMULA

coding-project-ideas-mobile-apps
Sumber Gambar : http://www.makeuseof.com/

Membuat project awal yang dilakukan oleh programmer pemula merupakan langkah awal yang sangat penting. Karena dengan membuat project awal, programmer pemula bisa mempelajari bahasa pemrograman dengan lebih cepat dan lebih efisien. Dan dengan membuat project awal, maka kita mampu mengimplemantasikan semua ilmu yang kita dapatkan dari dunia perkuliahan.

Lalu apa saja project yang dapat dibuat oleh programmer pemula?

1. Membuat aplikasi web atau aplikasi mobile
Coding untuk web adalah salah satu bentuk pemrograman yang populer untuk saat ini. Setelah Anda membiasakan diri dengan berbagai bahasa pemrograman web yang tersedia di banyak situs, Anda harus mempertimbangkan untuk membuat aplikasi web fungsional yang melayani tujuan sebenarnya dalam kehidupan Anda. Namun jika anda tidak tertarik dengan pemrograman web, maka anda bisa mencoba yang nama pemrograman mobile. Platform sistem operasi lumayan banyak untuk saat ini, seperti Android, IOS, dan Windows Phone. Namun untuk mengembangkan aplikasi mobile di seluruh sistem operasi tidaklah sulit, karena konsep yang diterapkan antar platform sudah cukup relevan.

2. Membuat ekstensi browser
Membuat ekstensi browser mungkin serupa dengan membuat aplikasi web ataupun mobile, namun ekstensi browser sering kita abaikan karena beberapa alasan. Saat ini banyak orang yang menggunakan web browser untuk melakukan pekerjaan mereka, maka ekstensi browser bisa menjadi sangat berguna jika mampu mengambil andil dalam web browser yang ada.

3. Membuat video game
Game menjadi salah satu tren dikalangan smartphone saat ini, dengan membuat video game maka akan banyak keuntungan yang kita dapatkan. Keuntungan tersebut dapat berupa partnership, sponsor maupun keuntungan dana. Pengembangan game bisa menjadi cara yang fantastis untuk belajar pemrograman. Alat pengembangan game semuanya telah berevolusi selama bertahun-tahun sehingga setiap programmer pemula bisa memiliki permainan yang sederhana namun dapat dimainkan dalam beberapa minggu.

4. Berpartisipasi dalam Coding Jams
Coding Jams adalah sebuah kompetisi yang mampu meningkatkan dan mengasah kemampuan kita dengan cara berbagi pengalaman antar sesama kompetitor. Dengan mengikuti Coding Jams, maka kita dituntut untuk mampu bersaing, tumbuh dan beradaptasi dengan secepat mungkin. Berikut adalah beberapa contoh kompetisi Coding Jams, yaitu Google Code Jams, CodeChef Competitions dan Project Euler.

Referensi :

Programming adalah Hard skill yang didapat dari berlatih. Untuk menjadi programmer sendiri tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu logika yang panjang dan analisis yang kuat. Dan semua programmer pasti pernah mengalami fase Beginner atau Rockie yaitu fase dimana baru memahami dasar-dasar pemrograman dan logika.

Ketika berada pada fase tersebut butuh banyak latihan agar kemampuan meningkat. Latihan dapat dilakukan membuat project-project kecil untuk dipecahkan seperti :

1. Permasalahan sehari-hari
Permasalahan sehari-hari adalah sebuah kesempatan emas untuk belajar lebih mendalam mengenai pemrograman dan logika. Karena, dalam setiap permasalahan sehari-hari terdapat pola-pola tertentu dan yang pasti mempunyai algoritma untuk menyelesaikannya. Disinilah skill diuji untuk merubah permasalahan tersebut ke dalam bentuk program dan dipecahkan dalam bentuk output program. Contohnya seperti program untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran uang.

2. Mengikuti program belajar online
Program belajar online tentang Bahasa pemrograman banyak disediakan di internet, seperti Toki Learning dan Solo Learn. Terdapat banyak fitur didalamnya, seperti kompetisi online, problems solving, dan program belajar. Dengan mengikuti fitur fitur yang tersedia akan menambah daya logika dan skill dalam programming.

3. Mengikuti Kompetisi atau olimpiade
Hampir sama halnya dengan kompetisi online, kompetisi offline atau olimpiade pemrograman membuat seorang programmer tertantang dan mengeluarkan seluruh kemampuan yang ada. Dengan mengikuti kompetisi dapat menambah pengalaman dan meningkatkan skill seorang programmer.
Yang terpenting dari kesemuanya adalah niat untuk belajar dan pantang menyerah menghadapi kesuliatan.

Referensi :

https://www.quora.com/What-projects-are-good-for-beginner-programmers