Program Petani Milenial, Efektifkah Untuk Generasi Muda?

PETANI MILENIAL

Sampai saat ini, minat generasi muda di Indonesia untuk bekerja di sektor pertanian masih terbilang rendah. Bahkan lulusan pertanian pun lebih banyak yang memilih untuk bekerja di luar sektor pertanian. Namun, saat ini semakin banyak gerakan yang mengajak generasi muda untuk berkontribusi dalam sektor pertanian, salah satunya yaitu Program Petani Milenial yang dirancang oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Program ini bertujuan untuk mendorong regenerasi tenaga kerja sektor pertanian yang memiliki inovasi, gagasan, dan kreativitas. Petani milenial juga akan diarahkan untuk berwirausaha dengan memanfaatkan teknologi digital agar menimbulkan keberlanjutan. Selain pertanian, program ini juga mencakup peternakan, perikanan, dan perkebunan.

Menurut Youdics, apakah gerakan seperti Program Petani Milenial ini efektif dalam mengajak generasi muda untuk terjun langsung berkontribusi dalam sektor pertanian?

Referensi

Beginilah Progres Program Petani Milenial yang Digagas Pemprov Jabar - News Liputan6.com

1 Like

Ya, menurut aku Program Petani Milenial ini efektif dalam mengajak generasi muda untuk terjun langsung berkontribusi ke dalam sektor pertanian. Terlebih lagi jika sebelum program ini ditawarkan dan di promosikan, pemerintah memberikan motivasi yang dapat mendorong kaum milenial untuk mengikuti pogram ini. Mengingat angka petani yang tiap tahunnya berkurang, dan kebanyakan yang tersisa adalah petani yang sudah berusia tua, maka diperlukan generasi muda untuk meneruskan minat dan menekuni bidang ini untuk keberlanjutan sektor pertanian di Indonesia dan juga menjaga atau bahkan meningkatkan ketahanan pangan negara.

1 Like

Menurut Opini saya terkait Program Petani Milenial bercita-cita mendorong regenerasi tenaga kerja di sektor pertanian Jawa Barat yang memiliki inovasi, gagasan, dan kreativitas. Melalui pemanfaatan teknologi digital, petani milenial akan menggerakkan kewirausahaan bidang agrikultur yang menjadikan wajah pertanian menjadi lebih segar dan atraktif untuk bisa berkelanjutan untuk generasi selanjutnyya.

Saat ini, sektor pertanian nampaknya belum menjadi magnet pekerjaan bagi generasi milenial di Indonesia. Jumlah petani muda di Indonesiat masih relatif kecil. Padahal kita butuh tenaga baru di bidang pertanian yang sampai saat ini adalah sektor penyumbang ekonomi terbesar ke-3 di Indonesia.
Program Petani Milenial diharapkan dapat menyelesaikan masalah keterbatasan tenaga kerja sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan mencapai swasembada pangan.

1 Like

Tidak dipungkiri lagi minat para pemuda zaman sekarang terhadap sektor pertanian cenderung menurun. Dengan adanya arus globalisasi dan digitalisasi yang pesat, minat pemuda untuk meniti karir juga lebih besar pada sektor tersebut, contohnya yaitu banyak sekali pemuda-pemudi yang memiliki cita-cita untuk menjadi selebgram, menjadi youtuber, dan lain sebagainya. Padahal pada kenyataannya masih banyak sektor vital yang bisa ditekuni, contohnya yaitu sektor pertanian. Sektor pertanian merupakan sektor yang penting karena menyangkut dengan hidup matinya suatu negara. Nasi yang kita makan, buah yang kita konsumsi, bahkan kosmetik yang dipakai para wanita untuk terlihat tetap cantik, serta masih banyak produk pertanian yang sering kita jumpai sehari-hari.

Regenerasi petani memang saat dibutuhkan. Seperti yang kita tahu, masih banyak petani dari generasi yang sudah tua dan semakin berkurang jumlahnya tiap waktu. Program petani milenial bisa menjadi ajakan yang efektif pada generasi milenial untuk bisa mulai berwirausaha dan terjun ke dunia pertanian. Program ini hendaknya bisa memberikan gambaran bahwa tidak selamanya kegiatan pertanian bekerja di sawah, kotor-kotoran, gaji kecil, dan lain sebagainya. Program ini diharapkan mampu untuk menambah pekerja di sektor pertanian yang bisa meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia.

1 Like

menurut saya, program ini tidak terlalu efektif, saya sendiri juga baru mendengar program ini, dan sepertinya program ini hanya ada pada beberapa daerah saja bukan? namun, jika program ini digemborkan dan digalakkan dan tersebar diberbagai daerah, mungkin saja dapat berpotensi mendukung produktivitas dibidang pangan.

1 Like

Menurutku program petani milenial bisa efektif jika generasi muda sendiri memiliki kemauan yang kuat untuk bertani. Apalagi sekarang di era perkembangan teknologi yang cukup pesat, aku rasa generasi muda sudah sangat dekat dengan dunia digital sehingga dapat mengikuti program petani milenial dengan baik. Mungkin dari aku hambatannya yakni mungkin dari kemauan anak mudanya sendiri dan ada rasa kurang percaya diri menjadi petani.

1 Like

Wah jadi intinya perlu ada kerjasama yang baik yaa antar pemerintah dan generasi muda supaya kedepannya program ini lebih efektif dan semakin banyak generasi muda yang tertarik untuk terjun langsung ke sektor pertanian. Terimakasih semuanya yang sudah berpendapat!